Sukses

Parenting

Ijab Qabul – Prosesi Penting dalam Pernikahan Islam

Pernikahan dalam Islam, sama seperti pernikahan-pernikahan lainnya, bertujuan untuk menyatukan sepasang kekasih dalam ikatan suci pernikahan. Salah satu tujuan utama pernikahan dalam Islam ini biasanya untuk menghindari zina, yang merupakan salah satu dosa terbesar dalam agama yang satu ini. Selain itu, pernikahan dalam islam juga bertujuan untuk menyempurnakan keimanan seseorang.

Di pernikahan islam, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Jika hal-hal tersebut tidak dipenuhi, maka pernikahan yang dilakukan tersebut tidak sah. Salah satu hal penting yang harus dilakukan tersebut adalah ijab dan qabul. Banyak dari anda pasti sudah pernah menghadiri ijab qabul pernikahan teman atau saudara anda. Namun, tahukah anda apa sebenarnya ijab qabul tersebut?

Seperti yang dijelaskan dalam islam.about.com, ijab qabul adalah satu bentuk persetujuan dari kedua pengantin untuk melakukan pernikahan ini. Ijab adalah proses formal pengajuan pernikahan dan qabul adalah proses penerimaaan pengajuan pernikahan tersebut. Tanpa adanya ijab qabul ini maka kedua mempelai tidak bisa dikatakan telah sah menjadi sepasang suami istri.

Pernikahan dalam Islam ini harus dihadiri oleh wali dari pengantin wanita. Wali ini bisa diwakilkan ke wali hakim jika mungkin terdapat beberapa keadaan yang tidak memungkinkan wali dari pihak wanita tersebut untuk hadir ataupun menjadi wali secara langsung. Hukum Islam mengenai hal ini termasuk sangat toleran.

Meilia Hardianti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading