Sukses

Lifestyle

Sering Bertengkar dengan Dia? Mungkin Kamu Kurang Tidur, Ladies

Akhir-akhir ini jadi sering bertengkar dengannya dan meributkan hal-hal yang sebenarnya sepele? Apa yang salah di antara kalian berdua? Padahal sebelumnya baik-baik saja dan kalian cocok satu sama lain. Bertengkar dalam rumah tangga memang wajar terjadi, tapi ketahui apa penyebabnya.

Karena mungkin penyebabnya jauh dari perkiraanmu, ladies. Mungkin kamu dan dia terlalu sibuk hingga kurang tidur akhir-akhir ini. Penelitian yang dilakukan di Ohio State University mengungkapkan bahwa orangtua atau pasangan suami istri yang sering bertengkar ternyata penyebabnya adalah kurang tidur.

Janice Kiecolt-Glaser, peneliti sekaligus director Ohio State Institute for Behavioral Medicine Research mengatakan bahwa ketika orang-orang kurang tidur, mereka jadi punya pemikiran sempit dan mudah tersinggung. Pada akhirnya mereka akan menaikkan suara saat bicara dan menyulut emosi ketika berbicara dengan orang lain.

"Mood jadi buruk dan kita jadi mudah marah. Kurang tidur sangat bisa merusak hubungan cinta yang baik," ungkapnya. Topik yang sering dijadikan masalah seperti mengatur keuangan, masalah pengeluaran bulanan keluarga dan bahkan masalah ikut campur nya mertua dalam rumah tangga.

Kurang tidur picu pertengkaran/Pexels.com

Peneliti melibatkan 43 pasangan menikah selama 3 hingga 27 tahun. Dilaporkan, mereka mendapatkan waktu tidur yang bervariasi, dari 3 hingga 9 jam tidur. Dan setelah melakukan uji laboratorium, mereka yang mendapatkan waktu tidur sedikit cenderung mudah bertengkar.

Hasil penelitian ini didukung hasil penelitian lain yang dilakukan tahun 2010 diterbitkan dalam PubMed Central, menyatakan bahwa pria sering bertengkar dengan istrinya ketika mengalami sulit tidur atau gangguan tidur.

Jadi, untuk mengurangi intensitas bertengkar, tentu saja pasangan suami istri perlu mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tidak mudah emosi. Bekerja dan sibuk boleh saja, tapi jangan sampai kurang tidur, karena bisa jadi inilah yang membuatmu sering bertengkar dengan pasangan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading