Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah, Tapi Sering Diabaikan

Menikah bukan perkara mudah, tapi bukan berarti kamu tak bisa menjalaninya dengan baik. Salah satu hal yang harus didasari pasangan sebelum menikah adalah kejujuran dan sharing berbagai hal krusial yang kemungkinan besar akan jadi masalah di masa depan.

Sayangnya, belum banyak pasangan yang menyadari betapa pentingnya mendiskusikan hal-hal yang mungkin mereka anggap remeh tapi sebenarnya bisa menjadi masalah besar dalam rumah tangga. Seperti beberapa hal berikut ini.

1. Di mana kita tinggal?
Ini adalah topik dasar, apakah kalian akan tinggal bersama mertua, menyewa rumah atau sudah punya rumah sendiri? Apakah kalian berdua sepakat dengan keputusan tersebut? Karena seringkali hal ini jadi masalah besar jika tidak dipikirkan dengan matang dan disepakati bersama.

2. Bagaimana mengatur keuangan?
Apakah kalian berdua sama-sama bekerja? Atau kamu tidak diperbolehkan bekerja dan harus jadi ibu rumah tangga? Peranmu dan pasangan dalam pernikahan bisa mempengaruhi bagaimana kalian mengatur keuangan. Siapa yang memegang kendali, mengurus semua keperluan yang berhubungan dengan uang, dan berapa uang yang dikeluarkan tiap bulannya.

3. Siapa yang melakukan pekerjaan rumah tangga?
Mungkin kalian berpikir wanitalah yang harus memasak, mencuci baju, mengepel dan segala hal membersihkan rumah. Salah. Hal ini pun harus dibicarakan dan disepakati, apalagi ketika kalian berdua sama-sama bekerja. Bisa jadi ia meremehkan pekerjaan rumah padahal ia tak mengerti betapa beratnya hal itu jika dilakukan sendiri. Agar beban bisa dibagi sama rata, maka tugas rumah tangga pun bisa dibagi adil atau dibuat jadwal bergantian.

4. Bagaimana sebaiknya bercinta?
Urusan ranjang juga hal krusial dalam pernikahan. Seperti apa pandanganmu dan pandangannya terhadap seks, dan bagaimana kalian menyeimbangkan kebutuhan satu sama lain sehingga tak ada yang dikecewakan.

5. Bagaimana jika orangtua yang ikut campur?
Jika kalian tinggal serumah dengan mertua, besar kemungkinan orangtua akan ikut campur masalah pribadi kalian, yang mana bisa membuatmu tak nyaman. Atau bisa jadi dia adalah anak mama, jadi meski kalian hidup terpisah, orangtuanya sering ke rumah. Bagaimana kalian menghadapi masalah ini? Diskusikan dan sepakati bersama.

Menikah sama halnya dengan mengenalnya lebih jauh, jadi bersiaplah dengan tantangan menarik yang akan kalian hadapi bersama ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading