Sukses

Lifestyle

Nikah Sangat Muda, Pengantin 15 Tahun Ini Hebohkan Netizen

Pernikahan merupakan hal yang sangat sakral dan tidak main-main Ladies. Diperlukan kesiapan fisik dan juga mental dalam membina rumah tangga, karena itulah ada usia minimal kapan sebaiknya pasangan menikah. Ini ditujukan agar pasangan sudah matang dalam menghadapi hidup baru sebagai suami istri. Menurut Undang-Undang Pernikahan No. 1 Tahun 1974 batas usia minimal untuk menikah bagi pengantin perempuan adalah 16 tahun dan pengantin pria 18 tahun. Sayangnya masih banyak saja yang memutuskan untuk menikah di usia yang sangat muda.

Indonesia termasuk salah satu negara dengan pasangan yang menikah teramat muda. Menurut data yang dikumpulkan oleh UNICEF, Sulawesi Barat tercatat sebagai daerah dengan angka pernikahan dini tertinggi sebelum usia 15 tahun. Menurut data secara umum, sebanyak 1.408.000 orang wanita berusia 20-24 tahun di Indonesia menikah sebelum usia 18 tahun.
Copyright: (facebook.com/amanda safitri)
Ada satu kisah pernikahan yang bikin netizen geger beberapa waktu belakangan ini. Seorang gadis Palembang kelahiran 8 Desember 2002, Amanda Safitri menikah dan membagikan kabar tersebut lewat akun Facebooknya.

"Tepat tanggal 17 Mei 2017 pukul 19.00 sang saksi dan penghulu mensahkan kami berdua. Mulai dari saksi berbicara di sana kami berusaha untuk hidup mandiri, berpikiran dewasa, langgeng hingga kakek dan nenek. Acaranya lancar. Makasih teman-teman, saudara, dan yang lain udah bantu doa," tulis Amanda.
Copyright: (facebook.com/amanda safitri)
Apa yang dilakukan oleh Amanda ini pun mengundang perdebatan netizen. Mayoritas menyayangkan mengapa di usia yang sangat muda ini Amanda harus menikah dan mengorbankan masa depannya yang masih panjang.

Nah, kalau menurut Ladies sendiri bagaimana sih atas fenomena nikah muda yang sangat marak di Indonesia ini? Menurutmu berapa sih usia yang ideal dalam membina rumah tangga? Yuk share di kolom komentar.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading