Sukses

Beauty

Langsing Berkat Metode Akupuntur Untuk Mengurangi Berat Badan

Sejak berabad-abad lalu, pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan tusukan jarum atau yang akrab disebut akupuntur, telah banyak dilakukan orang-orang di seluruh dunia. Akupuntur menyasar pada titik-titik tertentu di tubuh untuk mengobati penyakit langsung pada sumbernya. Ternyata, akupuntur dapat juga dilakukan untuk mereka yang obesitas dan ingin mengurangi berat badan lho.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas, misalnya ketidakseimbangan hormon, metabolisme tubuh yang lambat, terlalu banyak karbohidrat yang dikonsumsi, nutrisi buru dan kurang aktif bergerak. Akupuntur menggunakan jarum yang ditusukkan ke permukaan kulit menuju ke titik-titik strategis tubuh. Tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan energi aliran Qi (Chi) dalam tubuh. Chi adalah tenaga kehidupan atau energi vital dalam tubuh manusia, sesuai konsep dasar budaya masyarakat Tionghoa.

Lalu, bagaimana sih akupuntur bekerja untuk mengurangi berat badan seseorang? Dilansir dari laman doctoroz.com, berat badan yang tidak ideal adalah wujud dari aliran energi tubuh yang tidak seimbang, dari dan menuju pusat otak yang disebut hypothalamus. Penelitian menyebutkan, jika aliran energi pada hypothalamus terganggu, akan berpengaruh pada hormon tubuh. Inilah yang menyebabkan obesitas pada seseorang.

Prinsip utama akupuntur dalam hal ini adalah untuk mengurangi nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kerja pencernaan, mengatur hormon yang berhubungan dengan obesitasi dan memaksimalkan nutrisi yang kita konsumsi. Akupuntur juga dapat meningkatkan fungsi liver, organ yang memproduksi aneka senyawa penting untuk pencernaan dan pengolahan nutrisi tubuh.

Dalam program akupuntur untuk mengurangi berat badan ini, ada 4 titik yang akan diakupuntur, yaitu di telinga, titik Shen Men, titik perut dan titik endokrin. Beberapa jarum steril kecil akan ditusukkan di titik-titik tersebut kemudian dihangatkan untuk menstimulasi tubuh mengeluarkan neurochemical dan hormon. Pada beberapa ritual pengobatan, pasien akan dipasangi jarum kecil di bagian telinga. Jarum kecil ini akan dilapisi semacam plester dan harus dipakai beberapa hari.

Foto: copyright pinterest.com

Jika kamu berminat menjalankan metode akupuntur untuk mengurangi berat badan, berikut beberapa tipsnya:

  1. Pilih akupunturis berpengalaman yang telah memiliki sertifikat praktek
  2. Ikuti serangkaian pengobatan secara lengkap dan rutin.
  3. Tetaplah mengatur makan dan banyak bergerak untuk mendukung program yang sedang dijalani.


Nah itu dia beberapa hal yang penting diketahui seputar akupuntur untuk mengurangi berat badan. Tertarik mencobanya, Ladies?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading