Sukses

Beauty

Hiperpigmentasi dan Penyebabnya

Ladies, seiring bertambahnya usia. Masalah yang terjadi pada wajah sangatlah kompleks. Salah satu masalah yang terjadi pada wajah adalah hiperpigmentasi atau timbulnya noda hitam yang terdapat pada wajah akibat paparan sinar matahari, peradangan, atau cedera kulit karena melanin dalam kadar tinggi.

Menurut docshop.com ada beberapa faktor selain usia yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi antara lain: diet, usia, hormon, produk kecantikan, perawatan, dan kesehatan secara menyeluruh. Hiperpigmentasi dipengaruhi oleh jumlah kolagen, elastin dan melanin. Kolagen dan elastin ini berperan dalam membentuk keelastisitasan kulit, tekstur dan tone. Sedangkan melanin bertugas untuk memberi warna.

Beberapa sebab terjadinya hiperpigmentasi antara lain:

a. Matahari. Bintik-bintik coklat biasanya terjadi akibat paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu yang lama. Area tubuh yang sering terpapar antara lain wajah, tangan dan lengan. Biasanya bintik coklat yang terdapat pada area tersebut disertai masalah kulit lain seperti keriput dan kulit kasar.

b. Lingkungan. Angin, kotoran, debu, bahan kimia, cuaca, iklim, rokok, polusi, limbah, dan radiasi ultraviolet berkontribusi menyebabkan kerusakan kulit karena kandungan kolagen alami dan serat elastin terkelupas sehingga kulit tampak kasar, kering dan berkerut.

c. Umur. Tak dapat dipungkiri seiring bertambahnya usia, kandungan kolagen dalam tubuh juga semakin berkurang. Seringnya beraktivitas di luar ruangan, tinggal di tempat dengan iklim yang cerah seperti Indonesia ini bisa membuat bintik coklat muncul akibat paparan matahari. Paparan sinar matahari yang terlalu sering sehingga terakumulasi seiring bertambahnya waktu akan membuat berkurangnya kolagen dan elastin serta membuat melanin bekerja lebih ekstra.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading