Sukses

Beauty

Apa Itu Operasi Perbaikan Telinga?

Kalau perbaikan keturunan, Ladies pasti pernah mendengar? Kalau perbaikan telinga, bisa jadi ini bukan hal yang asing lagi. Untuk mendukung kecantikan, ini sudah banyak dilakukan agar mendapatkan bentuk telinga yang cantik dan proporsional.

Tapi operasi perbaikan telinga atau otoplasty ini seringnya dilakukan pada anak yang berusia 5 tahun lebih tapi tidak kurang dari 14 tahun. Terkadang anak memiliki kelainan bentuk telinga seperti bentuk daun telinga yang tidak sempurna.

Menurut sofeminine.co.uk, operasi ditujukan agar anak tidak menjadi objek bullying saat berada di lingkungan sekolah. Operasi pada dewasa juga dilakukan tepi lebih untuk tujuan estetika. Masalah telinga pada dewasa biasanya adalah tidak simetrisnya telinga kanan dan kiri serta daun telinga yang terlalu lebar.

Rata-rata waktu operasi yang diperlukan adalah 1 jam. Operasi dilakukan dengan cara membelah telinga bagian belakang terlebih dahulu. Lalu membentuk kembali tulang rawan sesuai dengan tujuan operasi. Kalau diperlukan, penghilangan sebagian tulang rawan juga dilakukan.

Setelah operasi, pasien dianjurkan untuk memakai ikat kepala atau headband untuk melindungi telinga sampai benar-benar sembuh. Ladies juga harus siap untuk tidak keramas selama 2 minggu.

Hasil dari operasi ini sangatlah rapi seperti tidak berbekas. Beberapa efek samping setelah operasi mulai dari yang ringan sampai yang berat bisa muncul. Seperti pusing, gatal atau sedikit membengkak. Efek yang lebih serius meliputi pembekuan darah di sekitar bekas operasi, penggumpalan darah, dan mati rasa. Segera konsultasikan pada dokter Anda seandainya ini terjadi.

Oleh: Faris Faishal

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading