Waduh, Ternyata Kebiasaan Menggigiti Kuku Itu Sangat Berbahaya!

Selasa, 10 September 2013 17:00

(c) ShutterStock

Vemale.com - Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang disukai oleh wanita. Biasanya wanita merawatnya dengan manicure dan pedicure. Tidak hanya itu, kuku-kuku cantik itu diberi kuteks atau art nail sehingga menjadi semakin menawan. Wanita suka memanjangkan kukunya dan memberikan perawatan ekstra. Tapi tidak sedikit pula wanita yang memiliki kebiasaan buruk menggigiti kuku.

Hayo, apakah Anda juga suka menggigit-gigit kuku? Kebiasaan ini biasanya dilakukan saat menunggu, atau memang dilakukan setiap waktu karena memang sudah terbiasa. Wanita yang suka menggigiti kukunya kerap tidak mempedulikan fakta bahwa menggigit-gigit kuku ini memiliki efek yang sangat berbahaya lho!

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang kerap bersentuhan dengan berbagai benda seperti jari-jari tangan dan rawan terkena ribuan bahkan jutaan kuman dan bakteri. Terlebih bila kita tidak rajin untuk mencuci tangan dan membersihkan kuku, akan ada banyak kuman dan bakteri yang bersarang di sana.

Bayangkan saja ladies bila kuman dan bakteri itu 'berpindah' dari kuku ke mulut dan tertelan masuk ke dalam tubuh. Belum lagi bila Anda suka menggunakan kuteks, zat-zat kimia dari kuteks tidak akan hilang begitu saja walau sudah dibersihkan dengan nail remover lho! Selain kuteks, sisa-sisa sabun mandi dan facial wash juga tidak lantas hilang dan bisa saja mengendap di kuku Anda ladies.

Bagi sebagian orang, menggigit kuku itu menjadi kebiasaan yang refleks dilakukan, atau bahasa ilmiahnya adalah Onychophagia. Sebuah penelitian di Rusia bahkan menyebutkan bahwa kebiasaan menggigit kuku bisa menurunkan IQ anak-anak. Wah ternyata efek buruk dari menggigiti kuku banyak sekali ya?

Lantas bagaimana caranya agar bisa sembuh? Sama seperti bayi yang akan disapih dari menyusui, menghilangkan kebiasaan ini juga tidak bisa instan dan langsung sembuh ladies. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar kebiasaan buruk menggigiti kuku bisa hilang:

1. Alihkan perhatian

Bila selama ini Anda terbiasa menggigiti kuku saat menunggu antrean, biasakanlah untuk melakukan hal lain seperti menyibukkan diri dengan membaca atau bersosial media. Bila kebiasaan ini Anda lakukan terus menerus (bukan lagi untuk mengisi waktu) maka Anda harus menahan diri ketika jari-jari tangan sudah hampir mendekati mulut. Sugesti diri Anda sendiri bahwa menggigiti kuku bukanlah kebiasaan yang baik.

2. Buat sebagai obsesi

Anda suka melihat artis atau model dengan kuku cantik berkuteks warna-warni? Jadikan mereka sebagai contoh dan yakinkan diri Anda bila Anda bisa sembuh dari kebiasaan menggigiti kuku, Anda juga bisa memiliki kuku secantik mereka. Dengan impian memiliki kuku cantik, Anda akan sayang untuk menggigiti kuku yang sudah mulai tumbuh panjang.

Tips singkat di atas bisa menjadi beberapa motivasi Anda untuk berhenti menggigiti kuku. Sayang sekali bukan bila Anda harus terkena penyakit karena bakteri dari kuku? Apalagi tidak bisa memiliki kuku yang cantik seperti wanita lainnya, sayang bukan!

BACA JUGA

Bahaya Radiasi Handphone dan Komputer Sekaligus Cara Mengatasinya

10 Foto Rontgen Dengan Benda 'Aneh' Dalam Tubuh

Menakjubkan, Lesley Hanya Pakai Bikini Saat Berenang Dengan Hiu

Ingin Bolos Kerja, Wanita Jepang Ini Ikat Tubuhnya Sendiri

Bahaya Belajar Menyetir Sendiri, Mobil Bisa Masuk Sungai

Kucing Jantan Ini Suka Mencuri Pakaian Dalam Wanita


(vem/sya)






ARTIKEL TERKAIT - PERAWATAN TUBUH
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2017 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.