Sukses

Beauty

Pengaruh Olahraga untuk Kesehatan Kulit Cantik Kamu

Ladies, mungkin kamu sering mendengar olahraga dapat membantu kulit kamu terlihat lebih cantik ada juga yang merasa olahraga justru membuat kamu berjerawat. Hmm, bagaimana bisa? Apa hubungannya rutin olahraga dapat menjaga kesehatan kulit?

Beberapa Ahli Dermatologi berbicara tentang pengaruh olahraga ke kulit kita seperti dilansir Self, Senin (13/8/2018).

1. Membuat Kulit Makin Bercahaya

Rajani Katta, M.D., profesor klinis dermatologi di University of Texas Houston McGovern Medical School, mengatakan ada penelitian menarik yang mengatakan bahwa olahraga mengubah jumlah kolagen di kulit. Kolagen ini yang menyediakan kerangka yang kuat, tapi fleksibel untuk kulit dan memberikan efek pantulan kembali.

Meski begitu, jangan menganggap olahraga rutin akan menghilangkan kerutan. Meskipun olahraga terbukti bermanfaat untuk bagian tubuh lainnya, kulit adalah yang paling sedikit diteliti. Jadi, berolahragalah untuk mendapatkan kekuatan dan kesehatan mental dan kesenangan.

2. Jangan Terlalu Berkeringat

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya hindari berolahraga di tempat yang panas. hindari terlalu banyak berkeringat. Keringat berlebih dapat menyebabkan kulit yang sensitif menjadi iritasi.

3. Bersihkan Badan Usai Olahraga

Berkeringat dengan riasan, duduk di mobil setelah gym tanpa mandi, dan tetap mengenakan bra olahraga berkeringat selama berjam-jam setelah kelas, dapat menyebabkan jerawat atau membuat kulit kamu gatal dan tidak nyaman. Maka setelah olahraga pastikan untuk mandi dan membersihkan tubuh.

4. Keringat Saat Olahraga Dapat Menyebabkan Jerawat

Apabila kamu memiliki kulit yang rentan jerawat, pastikan untuk membersihkan riasan Anda sebelum berolahraga. Atau, setidaknya, kenakan produk rias wajah yang tidak komsogenik (yang tidak akan menyumbat pori-pori).

5. Menyebabkan Ketombe

Keramas setelah setiap latihan tidak selalu memungkinkan. Tapi, tak keramas bisa menyebabkan ketombe muncul atau memburuk.

"Dengan tidak mencuci dengan benar, keringat dapat menyebabkan terbentuknya jamur dan kemudian mengarah pada perkembangan ketombe dan iritasi," kata Bae. Ragi ini yang menyebabkan ketombe, malassezia furfur, tumbuh subur di kulit kepala berminyak.

6. Kulit Menjadi Ruam

Paha yang sama-sama bergesekan bisa menyebabkan iritasi dan ruam. Sebaiknya kamu mengenakan celana pendek biker yang lebih panjang saat berlari. Kamu juga dapat menggunakan stik anti-gesekan seperti Body Glide Anti-Chafing Stick, yang akan meminimalkan gesekan dan juga melembapkan area tersebut.

Ladies, demikian pengaruh olahraga terhadap kesehatan kulit. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading