Sukses

Beauty

Tips Mencegah Keinginan Makan Terlalu Banyak Saat Lebaran

Setelah berpuasa selama 1 bulan di bulan Ramadan, tidak jarang kita akan makan terlalu banyak dan besar saat lebaran tiba. Banyaknya hidangan saat lebaran membuat kita terkadang lupa untuk mengurangi porsi makan. Apalagi, saat kita berkumpul dengan sanak saudara tentunya kita akan makan banyak tanpa kita sadari.

Melansir dari laman Liputan6.com, untuk mencegah keinginan makan terlalu banyak saat lebaran cukup mudah.

Seorang dokter spesialis gizi klinik, Tirta Prawita  mengatakan, "Puasa seharusnya melatih kita untuk mindful, sadar penuh, seperti saat kita berdoa kan kita sadar penuh, saat makan harusnya kita juga sadar penuh. Kita kita membatasi diri untuk tidak makan terlalu banyak.

Menurut Tirta, sebagian masyarakat tidak sadar bahwa ia telah makan dengan porsi yang banyak. Tugasnya mulai sekarang adalah menyadari bahwa ia telah makan terlalu banyak. Bukti kita tidak sadar telah makan terlalu banyak adalah saat kita makan sambil ngobrol dan akhirnya tidak sadar bahwa kita telah kenyang tapi terus makan.

"Saat berkumpul dengan banyak orang dan ngobrol sambil makan, dengan di depan kita ada banyak kue, makanan serta minuman, sering kita tidak sadar kita telah mengonsumsi banyak makanan." lanjut Tirta.

Agar kita selalu sadar bahwa kita makan terlalu banyak, sejak awal kita menentukan porsi makan kita. Ambil beberapa makanan di piring kecil dan itulah banyaknya makanan yang harus dimakan. Ketika makanan telah habis, hentikan keinginan untuk mengambil kembali makanan.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading