Awas, Kesalahan Mencuci Muka Bisa Mempercepat Penuaan Dini

Selasa, 13 Februari 2018 14:15

Rohmitriasih



copyright thinkstockphotos.com

Vemale.com - Memiliki kulit wajah yang sehat, cantik dan awet muda tentu menjadi impian dari setiap wanita. Namun sayangnya, perawatan kulit yang salah sering kali membuat kulit tampak lebih tua bahkan mengalami berbagai masalah yang bisa mengurangi rasa percaya diri.

Ketika mencuci muka atau wajah dengan cara yang tepat dan menjaga kebersihannya dengan maksimal, kulit wajah yang awet muda dan kencang serta cantik alami bukan lagi hanya sebuah mimpi. Tapi rupanya, selama ini masih banyak dari kita yang mencuci muka dengan cara yang kurang tepat sehingga kulit lebih cepat mengalami penuaan dini yang mengganggu.

Ini beberapa kesalahan yang sering kita lakukan tapi jarang disadari saat mencuci muka sehingga memperparah risiko penuaan dini.

Sering Melupakan Aktivitas Mencuci Muka
Sederhananya, kamu tidak mencuci muka setelah beraktivitas sepanjang hari. Padahal, ketika tidur malam, kotoran dan polusi di wajah terus menempel dan menghalangi pori-pori. Hal inilah yang akan membuat jerawat dan keriput muncul. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini, kamu tetap harus mencuci muka menggunakan sabun muka dan air bersih. Mencuci muka dengan sabun akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori.

Kamu Tidak Menggunakan Exfoliant
Meski kamu sudah mencuci muka, tak jarang masih ada bekas makeup yang menempel di wajah. Penyebabnya adalah kamu tidak menggunakan exfoliant. Produk ini dapat membuang racun dan kotoran yang terbentuk di tingkat terdalam kulitmu. Menggunakan exfoliant memang tidak boleh terlalu sering. Kamu cukup menggunakannya sekali seminggu.

Cuci Muka Hanya Dilakukan Sekali dalam Sehari
Ketika sudah mencuci muka sebelum tidur, kamu kerap beranggapan tidak perlu melakukannya lagi di pagi hari. Padahal, saat kamu tidur, bakteri pun tumbuh dalam kulit. Apalagi jika kulitmu berminyak. Oleh sebab itu, kamu harus tetap mencuci muka dua kali sehari dengan sabun muka dan air bersih. Cuci semua bagian wajah hingga bersih dan lakukan pijatan agar kulit tampak lebih cerah.

Sering Gonta-Ganti Produk Kecantikan
Ketika frustasi karena tak kunjung mendapatkan wajah yang mulus dan cerah, kamu akan berupaya untuk membeli produk dan menggantinya secara terus menerus. Padahal, sering bergonta-ganti produk kecantikan akan membuat kulit tak mampu beradaptasi. Hasilnya, tujuan mendapatkan kulit indah pun tidak tercapai. Perubahan yang mulai ditunjukkan oleh produk perawatan kulit biasanya empat minggu sejak pertama penggunaan. Kurang dari waktu tersebut, jangan berpikir dulu untuk mengganti produk kecantikan.

Penggunaan Produk Kecantikan yang Terlalu Banyak di Satu Waktu
Membersihkan wajah dengan beberapa produk sekaligus tidak akan menunjukkan hasil yang baik. Lantaran hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh sebab itu, untuk mencuci muka yang baik dan benar, gunakan cairan pembersih atau sabun wajah. Pilih salah satu dari bahan tersebut.

Itulah beberapa kesalahan mencuci muka serta perawatannya yang sering kali meningkatkan risiko penuaan dini hingga bermasalahnya kulit wajah. Agar tetap mendapatkan kulit muka/wajah yang sehat dan cantik, lakukan perawatan yang tepat ya ladies. Karena jenis kulit setiap orang berbeda-beda, pastikan untuk merawat kulit dengan tepat dan cocok sesuai jenis kulit yang dimiliki.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sumber Liputan6.com.

Jangan Lewatkan Info Kecantikan Berikut Ini:

4 Kebiasaan Salah Malam Hari yang Bikin Wajah Cepat Tua

Terlalu Sering Mencuci Wajah Faktanya Justru Memicu Jerawat

Ingin Kulit Lebih Cerah? Cuci Wajah 2 Kali Sehari Saja

3 Kesalahan dalam Membersihkan Wajah ini Bisa Memicu Breakout

Wajah Kesat Setelah Cuci Muka Justru Bahaya, Ini Alasannya

(vem/mim)






ARTIKEL TERKAIT - PERAWATAN TUBUH
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.