Sukses

Beauty

Masalah Konstipasi dan Cara untuk Mengatasinya

Ladies sering susah buang air besar? Bisa jadi kamu sedang mengalami konstipasi. Hal ini ditandai dengan tidak bisa buang air besar secara teratur dan buang air besar tidak benar-benar tuntas. Biasanya konstipasi disebabkan kurang minum, kurang konsumsi serat, perubahan pola makan, serta kebiasaan mengabaikan keinginan untuk buang air besar, efek samping obat-obatan, dan gangguan mental seperti kecemasan dan depresi.

Untuk mengatasinya kamu harus mengubah gaya hidup agar lebih sehat. Meningkatkan konsumsi serat, lebih banyak minum air putih dan rutin berolahraga. Tidak hanya itu kamu juga wajib rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk mencegah konstipasi yaitu:

  1. Strawberry, yang kaya akan vitamin C.
  2. Yoghurt, yang mengandung bakteri baik dan dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.
  3. Oatmeal yang tinggi serat kamu bisa menyajikan dengan buah atau sayur.
  4. Biji-bijian yang kaya akan serat.
  5. Brokoli adalah sayuran yang kaya akan serat baik untuk tubuh.
  6. Mengonsumsi almond juga baik untuk mengurangi risiko konstipasi.

Selain menjaga pola makan dan mengatur pola hidup sehat yang perlu kamu perhatikan adalah tidak mengabaikan keinginan untuk ke toilet dan mengatur jadwal buang air besar agar bisa dilakukan dengan leluasa dan nyaman. Konstipasi jika dibiarkan akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Meskipun banyak dialami perempuan terutama ibu hamil, konstipasi juga dapat dialami oleh anak dan bayi dengan gejala yang hampir mirip dengan orang dewasa. Saat anak mengalami konstipasi ia akan menjadi murung dan tidak bersemangat.

Well, demikian masalah konstipasi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading