Wajah Terlihat Sangat Putih di Foto? Ayo Hindari dengan Ketahui Penyebabnya

Sabtu, 20 Januari 2018 10:30

Oleh: Nisita Widinati



Wajah/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Sudah berdandan maksimal untuk sebuah acara di malam hari, sayang sekali jika tidak diabadikan dengan foto, bukan? Namun, alih-alih terlihat cantik, wajah terlihat sangat putih seperti hantu! Pernah mengalami hal yang serupa? Itu tandanya kamu mengalami makeup flashback. Supaya tidak terjadi pada kamu, ayo cari tahu dulu penyebab dan cara menghindarinya!

Penyebab Makeup Flashback

Penyebab makeup flashback bukanlah karena flash kamera, melainkan karena kandungan makeup yang digunakan. Flashback terjadi karena molekul dari produk makeup dan skin care memantulkan kembali cahaya flash dan tertangkap oleh kamera. Ada tiga kandungan utama pada makeup dan skin care yang menjadi penyebab dari makeup flashback: Titanium Dioxide, Zinc Oxide, dan Silica. Tapi, bukan lantas harus menyingkirkan makeup dengan kandungan tersebut ya. Cukup perhatikan seberapa banyak kandungan tersebut dalam produk yang kamu gunakan. Komposisi dalam sebuah produk diurutkan mulai dari yang kandungannya paling besar, hingga yang paling sedikit. Maka dari itu, pastikan tiga kandungan tersebut tidak tertulis pada bagian awal daftar komposisi.

Titanium Dioxide dan Zinc Oxide banyak ditemukan pada produk dengan kandungan SPF. Kedua bahan ini melindungi kulit kita dengan cara membentuk lapisan antara kulit dan sinar matahari, serta memantulkan kembali sinar yang mengenai kulit. Dengan lapisan ini, sinar matahari tidak langsung mengenai kulit kamu dan sinarnya akan kembali dipantulkan. Produk suncreen dan foundation dengan kandungan SPF memang diciptakan untuk siang hari, sehingga pengambilan foto tidak memerlukan flash dan makeup flashback pun tidak akan terjadi. Namun jika untuk acara malam hari, kamu sebaiknya menghindari produk dengan kandungan SPF.

Titanium Dioxide dan Zinc Oxide juga memiliki molekul yang besar sehingga seringkali digunakan sebagai bahan pengental pada skin care. Selain itu, Zinc Oxide memiliki kemampuan membuat produk makeup menjadi opaque sehingga banyak ditemukan pada pressed powder atau powder foundation. Kandungan silica dalam sebuah produk juga sebaiknya kamu hindari penggunaannya saat malam hari. Silica juga memiliki fungsi sebagai thickening agent dalam produk makeup dan skin care. Kandungan silica biasa ditemukan pada loose powder dan produk yang memiliki sifat oil-absorbing atau priming.

Baca juga: Pemilik Kulit Berminyak, Ini 5 Tips Mudah Agar Foundation Tak Mudah Luntur dan Tahan Sepanjang Hari

Cara Mencegah Makeup Flashback

Makeup flashback dapat dihindari jika kamu memilah produk makeup dengan lebih teliti. Nah, coba yuk beberapa cara ini:

  1. Hindari Foundation dengan Kandungan SPF. Jika kamu akan menghadiri acara malam hari, perlindungan terhadap sinar matahari tentu tidak kamu perlukan. Maka dari itu, tidak perlu menggunakan sunscreen ataupun foundation yang memiliki kandungan SPF.
  2. Hindari Concealer yang Terlalu Terang dan Terlalu Tebal. kamu tidak perlu menggunakan concealer yang jauh lebih terang dari skin tone untuk menutupi dark circle. Cukup gunakan concealer yang 1-2 tingkat lebih terang agar hasilnya natural dan tidak terlalu meng-highlight area wajah kamu. Selain itu, dibanding mengaplikasikan concealer secara tebal, lebih baik kamu langsung menggunakan concealer yang memiliki full coverage.
  3. Pilih Highlighter Sesuai dengan Skin Tone. Memiliki kilau yang indah pada tulang pipi dan tulang hidung tentu akan menjadi tampilan makeup yang cantik untuk acara malam hari. Pastikan untuk memiliki highlighter yang cocok dengan skin tone dan tekstur yang tidak terlalu chalky. Baurkan highlighter sampai tidak ada garis kasar yang terlihat. Liquid highlighter juga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menghindari makeup flashback karena teksturnya yang lebih lembut dan bisa menyatu dengan kulit.

Baca juga: Ini Dia Tips Mudah untuk Mencegah Foundation Teroksidasi. Dicoba, Yuk!

Baca Juga:

Panduan Pilih Blush On Sesuai dengan Warna Kulit Wanita Asia

Tutorial Cuci Beauty Blender Agar Bersih Maksimal dan Tak Mudah Rusak

DIY Makeup Remover Lembut dan Aman dengan 3 Bahan Saja

Trik Sembunyikan Tattoo Sementara Pakai Lipstik

5 Rekomendasi Tinted Moisturizer untuk Tampilan Makeup Natural

(vem/sociolla/apl)






ARTIKEL TERKAIT - PERAWATAN TUBUH
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.