Sukses

Health

10 Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi Super Cepat

Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak berisiko bagi banyak orang saat ini. Tak hanya menyerang orang-orang yang telah berusia lanjut, anak-anak muda juga tak luput dari serangan hipertensi. Ketika darah tinggi telah parah, ini bisa berakibat fatal dan menyebabkan berbagai risiko penyakit berbahaya lain seperti stroke hingga serangan jantung.

Beberapa gejala dari darah tinggi antara lain adalah nyeri pada bagian dada, denyut jantung tidak teratur, sakit kepala yang parah, gangguan pada penglihatan, mudah lelah dan badan pegal-pegal. Sebenarnya, gejala darah tinggi bisa dirasakan dengan mudah oleh penderitanya sehingga bisa dicegah atau diatasi dengan cepat.

Dilansir dari laman today.com, cara mengatasi gejala darah tinggi adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan penurun tekanan darah. Adapun makanan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat antara lain sebagai berikut.

1. Sayur Bayam

Sayur bayam mengandung banyak vitamin, serat tinggi dan kalium. Nutrisi-nutrisi ini baik dalam mengurangi efek tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cukup dimasak rebus atau sayur bening agar sayur bayam bisa dikonsumsi lebih sehat.

2. Bawang Putih

Aromanya memang cukup menyengat dan rasanya cukup aneh di lidah. Tapi jangan salah, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam bawang putih sangat bermanfaat baik dalam menurunkan tekanan darah atau menstabilkan tekanan darah. Selain itu, bawang putih juga rendah kolesterol sehingga baik buat kesehatan jantung. 

3. Tomat

Kandungan nutrisi dan berbagai macam vitamin yang ada pada buah tomat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Tomat bisa dimakan secara langsung atau dibuat jus, atau dimasak bersama sayuran lainnya.

4. Seledri

Hampir sama dengan bawang putih, seledri dengan aromanya yang khas ini bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium dan kalium yang tinggi pada seledri yang membuatnya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

5. Pisang

Buah pisang adalah buah yang kaya nutrisi dan vitamin. Selain bisa dimanfaatkan sebagai makanan yang memenuhi nutrisi harian, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderitanya. 

6. Jeruk

Vitaminnya yang tinggi membuat buah jeruk begitu baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kaliumnya bahkan tak hanya sebagai penurun tekanan darah tetapi juga penurun berat badan yang ampuh. 

7. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin C, E, kalsium, asam folat dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Berbagai macam kandungan gizi inilah yang bermanfaat baik menurunkan tekanan darah tinggi. 

8. Cokelat

Kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi sehat lainnya pada cokelat dipercaya bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Ini juga bisa meredakan stres, depresi dan membuat perasaan jauh lebih bahagia. 

9. Yogurt

Minum yogurt secara rutin setiap pagi atau malam sebelum tidur bisa bantu menurunkan berat badan dengan baik, menyehatkan sistem pencernaan dan menurunkan tekanan darah tinggi. Ini juga baik untuk kesehatan jantung serta organ dalam tubuh lainnya.

10. Oatmeal

Sebagai produk olahan dari gandum yang dipercaya sangat baik menutrisi tubuh ketika diet, oatmeal ternyata juga menutrisi baik tubuh yang menderita tekanan darah tinggi. Oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan sistem peredaran darah.

Selain makanan di atas, makanan lain yang juga dipercaya bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi seperti buah belimbing, buah mentimun, minyak zaitun, susu skim bebas lemak, buah melon, buah blewah dan kedelai.

Perlu Sahabat Fimela tahu, menurunkan risiko tekanan darah tinggi tak hanya bisa dilakukan dengan makan makanan di atas saja lho. Tetap penting menerapkan pola hidup sehat, memiliki istirahat dan olahraga cukup, menghindari stres dan menghindari makanan penyebab darah tinggi.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading