Sukses

Beauty

Mitos atau Fakta, Stres Bikin Jerawatan? Ini Bukti Penelitiannya

Siapa yang tidak kesal jika wajah jerawatan? Kamu pikir kamu tak akan berjerawat lagi karena masa pubermu sudah lama sekali berlalu. Bukan hanya mengganggu penampilan, tapi juga membuatmu tak percaya diri dan kulit jadi meninggalkan bercak setelah jerawat kempis.

Penyebabnya jelas bukan karena kamu pubertas lagi, melainkan stres yang kamu alami. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan JAMA Dermatology tahun 2003 menyebutkan bahwa stres tidak jadi pemicu jerawat. Tapi Dr. Alexa Kimball, profesor dermatologi Beth Israel Deaconess Medical Center mencoba mempelajarinya lebih lanjut.

Ia ingin mengetahui apakah hormon mempengaruhi munculnya jerawat. Bukan stres saja yang jadi faktor pemicunya, karena usia, hormon, bakteri penghasil jerawat dan faktor lingkungan lain juga bisa memicu jerawat.

Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di George Washington University menunjuk hormon stres yang disebut CRH, yaitu hormon pelepas kortikotropin, sebagai pelakunya. Tidak lain karena hormon ini bisa mengikat reseptor kelenjar sebasea kulit dan mendorongnya produksi lebih banyak minyak kulit, sehingga menimbulkan jerawat.

Kesehatan kulit berjerawat/copyright Shutterstock.com

Faktor tubuh yang kelelahan, kurang tidur, kebiasaan makan makanan tak sehat dan kurangnya perawatan kebersihan kulit juga jadi poin penting pemicu tumbuhnya jerawat. Hal ini tak terlepas dari gaya hidup dan lingkungan yang kotor.

Terkadang bukan hanya wajah saja yang ditumbuhi jerawat, kulit tubuh lain juga terkadang ditumbuhi jerawat jika kamu dalam keadaan stres. Seperti yang dikutip Adam Friedman pada penelitian tahun 2014 dalam Archives of Dermatological Research, bahwa lingkungan modern bisa memicu jerawat pada kulit orang dewasa. 

Jadi, sudah jelas kan mengapa masih saja berjerawat meski sudah dewasa? Kemungkinan besar kamu sedang stres berat, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading