Sukses

Beauty

Saat Haid, Duduk Aja Kok Terasa Sakit? Normalkah?

Sebagian wanita tampaknya pernah mengalami hal ini. Ketika sedang haid, duduk aja terasa sakit. Ketika buang air besar pun, kadang area panggul terasa nyeri. Hm, kondisi seperti ini normal nggak, ya?

Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, area punggung dan panggul yang terasa sakit selama haid masih tergolong normal. Penyebabnya bisa karena otot-otot yang tegang. Kembung, nyeri haid, atau kram perut bisa menyebabkan otot di area bokong tegang atau kejang. Sehingga saat dipakai untuk duduk, rasanya agak sakit.

Sejumlah pakar kesehatan memiliki pendapat bahwa rasa sakit di area bokong saat haid bisa terjadi karena kondisi rahim yang "miring". Tapi hal ini jarang terjadi. Cuma biasanya akan disertai dengan nyeri haid atau kram perut yang cukup mengganggu. Kalau rasa sakitnya tak tertahankan, memang sebaiknya berkonsultasi ke dokter, ya ladies.

Penyebab lainnya duduk terasa sakit saat sedang haid adalah fibroid yang mendesak rahim. Fibroid adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada uterus (rahim). Jika hal ini yang terjadi, salah satu gejalanya adalah bisa terjadi pendarahan.

Tapi kemungkinan lainnya adalah karena kurang serat atau mengalami konstipasi. Inilah kenapa saat haid penting sekali untuk minum banyak air dan mengonsumsi banyak serat untuk mengatasinya.

Untuk meredakan nyeri dan rasa sakitnya, bisa dengan melakukan olahraga ringan, seperti yoga atau sekadar stretching. Bisa juga dengan mandi menggunakan air hangat. Kalau rasa sakitnya tak kunjung hilang, bisa jadi ada masalah pencernaan atau gangguan kesehatan lain. Biar nggak makin paranoid, mending segera periksakan diri ke dokter, ya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading