Sukses

Beauty

Menurut Study, Payudara Bisa Mengungkap Kondisi Kesehatan Tubuh

Payudara merupakan salah satu anggota tubuh yang paling berharga buat wanita. Payudara, juga menjadi aset penting bagi setiap wanita. Tapi nih ya, bicara mengenai payudara, sebuah study terbaru menyebutkan bahwa kondisi payudara seseorang bisa mengungkap kondisi kesehatan tubuh orang tersebut.

Dikutip dari laman boldsky.com, perubahan dalam diet, pola makan, pola hidup dan olahraga bisa menyebabkan terjadinya perubahan halus pada payudara. Jadi, penting untuk mengetahui perubahan tersebut dan mengetahui apa yang sedang terjadi pada tubuh hingga keseluruhan kesehatan tubuh.

Ada beberapa kondisi kesehatan tubuh yang bisa dilihat dari kondisi payudara.

Payudara Nyeri & Gatal
Nyeri dan gatal pada payudara bisa muncul karena sindrom pre-menstruasi atau PMS. Ini juga bisa muncul ketika kamu kurang memperhatikan kebersihan payudara. Penelitian terbaru mengungkap jika sejak awal kamu sudah mengalami nyeri dan gatal akibat PMS, kemungkinan besar kamu akan merasa gatal dan nyeri di payudara selama bertahun-tahun yang akan datang setiap kali PMS.

Puting Terbalik
Kondisi puting terbalik bisa menunjukkan adanya indikasi risiko penyakit mematikan di payudara jika ini terjadi secara tiba-tiba. Tapi, jika puting terbalik sudah berlangsung lama bahkan sejak kecil, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari kondisi kesehatan tubuh. Hanya saja, jika kamu belum yakin, pastikan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh di RS atau klinik terdekat.

Perubahan Abnormal pada Payudara
Perubahan pada payudara yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan apa penyebabnya, ini perlu dilakukan pemeriksaan. Benjolan atau warna payudara yang tidak seperti biasanya bisa mengindikasi adanya risiko tumor, kanker serta penyakit berbahaya lainnya.

Perubahan Warna & Ukuran Payudara
Sebagian besar kanker payudara stadium lanjut dapat menyebabkan warna payudara tidak seperti biasanya. Perubahan warna ini tidak terjadi pada kulit payudara tetapi juga di puting dan pangkal payudara. Sementara perubahan ukuran, bisa saja ini terjadi karena PMS, karena pengaruh alat kontrasepsi atau pil KB, penurunan berat badan dan risiko kesehatan payudara.

Well Ladies, jika kamu merasa ada yang berbeda dari kondisi payudara kamu, jangan sungkan untuk segera memeriksakannya ke RS atau klinik terdekat. Jangan pernah menunda-nunda untuk memeriksakan kesehatan demi menjaga kesehatan tubuh agar senantiasa prima.

Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading