Hindari Kebiasaan Ini untuk Bebas dari Mata Panda

Senin, 11 September 2017 10:30

Oleh: Dwinada Gitaswara



Mata panda/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Meskipun dapat diakali dengan penggunaan concelear dan corrector, mata panda alias dark circle cukup mengganggu penampilan bukan? Identik karena disebabkan kurangnya waktu tidur atau tidur yang tidak optimal, tak sedikit juga yang memilih ‘balas dendam’ dengan tidur lama di hari libur untuk mengurangi tampilan mata panda. Tapi, sudah merasa tidur cukup dan optimal tapi kok mata panda belum hilang juga? Wah bisa jadi mata pkamu yang kamu miliki disebabkan karena terlalu sering melakukan beberapa kebiasaan berikut.

1. Sering Mengucek Mata




Hindari mengucek maya terlalu sering/Copyright Shutterstock

Jangan kaget, kebiasaan sederhana ini jika sering dilakukan rupanya merupakan salah satu penyebab mata kamu memiliki dark circle. Mengapa? Rupanya saat menggosok mata menggunakan punggung tangan yang keras, hal tersebut menyebabkan trauma pada kulit di sekitar mata sehingga kapilernya pun pecah. Itulah yang menyebabkan kulit dapat membengkak tanpa disadari dan akhirnya terlihat lebih gelap. Tidak hanya mata panda, bisa-bisa timbul garis halus juga di sekitar mata yang bisa membuat penampilan terlihat lebih tua.

2. Malas Memakai Sunscreen

Selain bermanfaat untuk menangkal segala efek buruk matahari, sunscreen rupanya juga memiliki peran dalam mengurangi mata pkamu. Kulit di sekitar mata yang relatif lebih tipis dibandingkan kulit wajah di bagian lain menyebabkan bagian tersebut lebih rentan dengan sinar matahari. Area bawah mata pun harus diberi perlindungan dan perhatian lebih dengan mengaplikasikan sunscreen. Pilih sunscreen yang formulanya tidak membuat kulit perih ya.

Baca Juga: Bangun Pagi Dengan Mata Panda? Lakukan 3 Langkah Sederhana Ini untuk Menyamarkannya

3. Terlalu Keras Saat Membersihkan Makeup

Mirip dengan mengucek mata, menggosok mata saat membersihkan maskara atau eyeliner waterproof juga dapat membuat mata panda kamu semakin jelas. Tidak hanya membuat dark circle semakin menghitam, kulit bawah mata kamu juga jadi mudah kendur karena tekanan yang terlalu berlebih. Supaya makeup dapat diangkat dengan bersih, pilih makeup remover khusus untuk waterproof makeup. Dengan begitu kamu tidak perlu terlalu keras saat menggosok mata.

Baca juga : 5 Rekomendasi Concealer yang Efektif Menyamarkan Mata Panda

4. Konsumsi Garam yang Berlebihan




Hindari konsumsi garam yang berlebihan/Copyright Shutterstock

Merasa kamu jarang mengonsumsi garam berlebih? Eits tunggu dulu. Garam tidak hanya didapat dari makanan dengan rasa asin saja. Makanan manis seperti keripik, camilan kalengan, bahkan kue kering pun memakai garam agar rasanya tidak hanya manis namun gurih. Garam dapat menyerap air dalam tubuh kamu salah satu akibatnya adalah membuat kulit kamu kering. Hal tersebut pun berpengaruh pada area di bawah mata karena mengurangi kelembapannya dan menyebabkan mata panda semakin jelas terlihat.

5. Jarang Minum Air Putih

Tubuh manusia didominasi oleh air, maka tak heran bila kurang mengonsumsi air putih, akan timbul beberapa masalah pada kulit. Misalnya elastisitas yang menurun sehingga kulit kamu terlihat lebih tua dari umur sesungguhnya. Tidak hanya kulit berkerut, dehidrasi pun merupakan awal area gelap di bawah mata semakin tampak. Cara menguranginya sangat mudah, kurangi konsumsi minuman berkarbonasi, kopi, dan minuman yang mengandung pemanis buatan lainnya dan perbanyak konsumsi air putih. Tidak hanya kulit yang akan terlihat oke, tanpa disadari badan kamu akan terasa lebih ramping!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Enyahkan Mata Panda

Baca Juga:

Tips Mudah Atasi Mata Iritasi Karena Softlens

Menempelkan Irisan Timun pada Mata, Ini yang Akan Kamu Alami

5 Hal Ini Akan Membuat Mata Kamu Sehat, Penting!

Bebas Kantung Mata Selama Bulan Puasa, Ini Solusi Alaminya

Alasan Mengapa Mata Kedutan, dan Bagaimana Cara Mengatasinya

(vem/sociolla/apl)






ARTIKEL TERKAIT - PERAWATAN TUBUH
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2017 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.