Share In Jar: Menggoda, Namun Ketahui Juga Bahayanya

Sabtu, 09 September 2017 18:30

Oleh: Devina Ellora



Share in jar/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Tiap hari, semakin banyak ragam produk kecantikan yang ada, baik skin care maupun makeup. Di antaranya, pasti ada saja produk yang terlihat menarik dan mengundang rasa penasaran hingga kita ingin sekali membelinya. Apalagi kalau ada klaim yang terdengar menjanjikan, makin-makin kan? Yang jadi ganjalannya, sering kali produk yang diincar itu hanya tersedia dalam satu ukuran yang cukup besar. Kalau tidak ada sample atau travel size-nya, agak sayang kalau beli hanya karena penasaran tapi berujung tidak cocok.

Lantas, bagaimana kalau sudah terlanjur membeli suatu produk, ternyata klaimnya tidak terbukti? Atau bahkan, produk tersebut tidak cocok dengan warna kulit atau mengakibatkan iritasi? Nah, dari sinilah banyak seller terinpirasi untuk menjual dagangannya dalam bentuk share in jar.

Asiknya membeli share in jar

Konsep share in jar adalah membagi (share) isi sebuah produk dalam (in) beberapa kontainer (jar) kecil. Tujuannya agar seseorang bisa membeli dan mencoba sebuah produk tanpa harus langsung membeli produk dalam ukuran aslinya. Sangat familiar dengan konsep sample, hanya saja memang tidak semua produk menyediakan sample, apalagi untuk dijual. Dan beberapa jar pun umumnya punya isi yang lebih banyak dari ukuran sachet sample. Jadi produk tersebut bisa diuji dengan dipakai sampai beberapa kali untuk melihat cocok atau tidaknya dengan kulit.

Dari segi harga, jelas share-in-jar jauh lebih murah ketimbang membeli produk ukuran full. Tapi kalau dibagi harga per gram tentu share in jar lebih mahal. Soal harga memang jadi plus minus-nya. Lebih murah kalau dilihat dari kacamata seberapa banyak uang yang dikeluarkan, namun lebih mahal karena produk yang didapat sedikit. Tapi, kelebihan lainnya, kamu jadi merasa tidak terlalu bersalah saat produk yang dibeli ternyata tidak cocok dan membuangnya. Saat ternyata produk yang kita beli cocok, share in jar juga bisa berfungsi sebagai kemasan yang travel friendly.

Apa yang perlu diperhatikan sebelum membeli share in jar?

Karena share in jar ini mengharuskan produk untuk dikeluarkan dari kemasannya, kemudian dipindahkan ke kemasan lain, sudah pasti ada kontak dengan udara, dan kemungkinan produk terkena kotoran menjadi jauh lebih besar. Apalagi kalau diambil dengan jari tangan, potensi bakteria masuk ke dalam produk pun semakin tinggi. Pastikan seller tempat kamu membeli menjamin kebersihan produk, cara memindahkan pemilihan kontainernya pun steril dan aman.

Baca juga : Simpan 4 Produk Kosmetik Ini di Kulkas

Share in jar biasanya dijual dalam kemasan kecil. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengecek detail ukuran dan volume yang ditawarkan. Jangan sampai kita kecewa saat produk datang dan ukurannya tidak sebesar yang kita bayangkan.

Terakhir, selalu cek review, detail produk, dan kredibilitas seller tempat kamu berbelanja. Karena produk sudah bukan dalam kemasan asli, ada kemungkinan kalau produk yang kamu terima tidak asli. Oh iya, jangan lupa juga untuk menanyakan masa berlaku atau tanggal kedaluwarsa dari produk yang kamu beli ya.

Baca juga: Ini Cara Benar Simpan Produk Kecantikan Agar Tidak Mudah Rusak

Baca Juga:

Lagi Booming, Jedar Nyobain WavyBrows dan Lips Challenge Bareng Girlsquad

Bahaya! Kandungan Ini Akan Membuat Iritasi Kulit Cantikmu

5 Bahan Alami Ini Praktis untuk Menghilangkan Bulu

Penting! Ketahui Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik dengan 5 Hal Ini

5 Rekomendasi Skin Care dengan Kandungan Rice Water dari Korea

(vem/sociolla/apl)






ARTIKEL TERKAIT - PERAWATAN TUBUH
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2017 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.