Sukses

Beauty

Makan Makanan Manis Justru Bikin Kamu Haus? Ini Alasannya

Setelah makan es krim, cokelat atau kue, kok rasanya kamu ingin minum? Pernah mengalami? Hal ini wajar ladies. Jika kamu suka ngemil yang manis-manis, biasanya kamu akan mengalami rasa haus setelahnya.

Tapi mengapa bisa begini? Dr. Caroline Apovian selaku professor endokrinologi, diabetes dan ahli nutrisi Boston University School of Medicine, mengatakan bahwa alasan timbulnya rasa haus setelah makan makanan manis karena adanya peningkatan kadar gula darah.

"Saat makanan manis masuk ke perut, diserap tubuh dan dialirkan ke pembuluh darah," ujarnya. Ketika gula berada di pembuluh darah, air dari dalam sel tubuh keluar dan membaur ke dalam darah untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam pembuluh darah.

Dan karena sel-sel tubuhmu kehilangan banyak air untuk menyeimbangkan tubuh, secara alami sel mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh membutuhkan air. Hasilnya, kamu akan merasa haus. Proses ini berlangsung sangat cepat karena glukosa sendiri memang mudah diserap tubuh, kamu akan merasa kehausan 5-10 menit setelah makan.

Cara terbaik mencegah rasa haus ini tentu dengan menyediakan segelas air setiap kali kamu ingin ngemil makanan manis. Atau, kurangi konsumsi gula setiap harinya. Karena sebenarnya tubuh tidak membutuhkan banyak gula jika kamu tidak punya aktivitas fisik yang berat sepanjang hari. Terlalu banyak gula di tubuh tak hanya bisa menyebabkan kegemukan tapi juga diabetes.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading