Sukses

Beauty

Selain Awet Muda, Ini Manfaat Kesehatan Tidur di Ruangan Dingin dan Sejuk!

Saat tidur, ruangan seperti apa yang membuatmu nyaman? Jika jawabanmu adalah ruangan dingin, fakta kesehatan berikut ini akan jadi kabar bahagia buatmu. Karena ternyata, tidur di ruangan yang dingin atau sejuk punya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Menurut artikel kesehatan di Huffington Post, yang ditulis Dr. Christopher Winter, direktur medis Charlottesville Neurology & Sleep Medicine, temperatur tempat tidur bisa menentukan seberapa nyenyak kamu tidur.

Suhu kamar tidur sebaiknya antara 60-70 Fahrenheit (atau sekitar 15,5-19 derajat Celcius) untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik. Jika suhu kamar dan tempat tidur di atas 75 atau di bawah 54 derajat Fahrenheit, bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur malam.

Mengapa menyesuaikan suhu kamar dan tempat tidur penting bagi kita? Karena secara alami, tubuh akan mengalami kenaikan dan penurunan suhu tubuh selam 24 jam. Saat terhangat adalah siang hingga sore hari, sedangkan paling dingin adalah menjelang subuh.

Tidur di kamar yang dingin bikin tidur nyenyak/ copyright Shutterstock.com

Saat akan tidur, biasanya tubuh akan menyesuaikan dengan cara menurunkan suhu tubuh, dan ruangan dingin akan membuatmu lebih cepat tertidur dan terlelap dengan nyenyak. Bukan hanya itu, beberapa manfaat lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Penelitian dari University of South Australia menemukan bahwa tidur dengan ruangan dingin akan mengurangi derita tak bisa tidur pada orang insomnia.
  2. Membuatmu awet muda. Tidur di ruangan lebih hangat, di atas 70 derajat Fahrenheit akan mengganggu tubuh melepaskan hormon melatonin, salah satu hormon anti-aging terbaik di tubuh.
  3. Dikutip dari Huffington Post, tidur dengan nyenyak tanpa kepanasan bisa membantu menurunkan atau menjaga berat badan ideal. Tubuh akan membuang hormon kortisol, hormon stres dari dalam tubuh sehingga kamu lebih tenang dan segar esok hari.

Jadi, sekarang sudah tahu kan mengapa sebaiknya kamu tidur di ruangan dingin dan sejuk? Jangan ragu memasang AC jika tinggal di lingkungan yang panas dan pengap ya ladies. Kamu berhak mendapatkan tidur nyenyak dan tetap sehat setiap hari.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading