Sukses

Beauty

Kenapa Orang Bau Mulut Tak Sadar Dirinya Berbau?

Adakah di sekitarmu ada satu atau dua orang yang dihindari karena mulutnya berbau tak sedap? Enggan rasanya berbincang dengan mereka karena hanya membuat dirimu tidak nyaman. Tapi herannya, mereka si berbau tidak menyadari hal ini dan tetap saja membuka mulutnya dengan rasa percaya diri.

Mengapa mereka tidak sadar dengan bau mulut itu?

Menurut Head of Professional Marketing PT Johnson & Johnson Indonesia, Kumaladewi, DVM.,MFSc, orang bau mulut biasanya tidak sadar jika dirinya berbau.

"Orang bau mulut biasanya tidak sadar dengan bau mulutnya karena sudah terbiasa, sama seperti bau badan. Dia biasanya tidak akan sadar sampai ada seseorang yang bicara padanya," ujar Kumaladewi dalam 'Edukasi Media, Pahami Kesehatan Mulut Bersama Keluarga' di bilangan Jakarta Selatan, Selasa (29/8).

Kumaladewi dalam Edukasi Media bersama Listerine/BornProdigy

Kalau kamu merasa tidak enak bicara pada seseorang mengenai bau mulutnya tapi kamu sendiri sudah tidak nyaman, kamu bisa melakukan hal sederhana berikut: Minta dia menjilat sedikit pergelangan tangannya, diamkan beberapa saat. Sehabis itu kamu bisa minta dia mencium aroma pergelangan tangan itu.

"Jika baunya sangat tidak tertahankan oleh dia, maka dia bisa tahu kalau dia memang bau mulut," ujar Kumaladewi lagi.

Untuk mencegah bau mulut bisa dilakukan dengan cara yang sederhana; sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur. Lakukan penyikatan selama dua hingga tiga menit. Sesuai anjuran Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), metode ini bisa ditambah berkumur dengan mouthwash secara rutin dua kali dalam sehari. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan dengan takaran 20ml selama 30 detik.

Mouthwash bisa menjangkau seluruh rongga mulut. Sedangkan menggosok gigi hanya membersihkan 25% area mulutmu. Khasiat berkumur akan melawan bakteri pada seluruh area mulutmu, termasuk gigi dan gusi.

Salah satu mouthwash yang sudah dikenal oleh kita adalah Listerine. Produk yang berasal berinduk di PT Johnson & Johnson ini diketahui mampu melawan bakteri mulut sepenuhnya dalam sepuluh hingga 30 detik.

Produk ini bisa digunakan seluruh anggota keluarga, termasuk anak yang sudah di atas enam tahun. Salah satu penggunanya adalah keluarga presenter Arie dan Fenita Untung.

Arie Untung dan Keluarga/Instagram.com

Menurut Arie, kebiasaan baik harus dibina sejak dini dalam keluarga, terlebih lagi terhadap anak-anak. Apalagi anak-anak mereka gemar mengonsumsi makanan manis yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

"Agar kesehatan mulut seluruh anggota keluarga saya terjaga, tak hanya saya dan istri, anak-anak pun kini sudah terbiasa untuk berkumur Listerine setelah sikat gigi 2 kali sehari," papar Arie yang juga Brand Ambassador dari Listerine.

Yuk jaga kesehatan mulutmu sedari dini. Biar kamu lebih percaya diri dengan senyum bergigi indah dan jauuuuh dari bau mulut!

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading