Sukses

Beauty

Agar Wajah Cantik Bebas Jerawat di Hari Raya, Ini Tips Dokter

Jerawat memang dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Masalah kulit yang satu ini memang yang paling bikin sebal semua wanita. Dan kita yang tinggal di Indonesia sebagai negara tropis memang sangat rentan mengalami masalah jerawat.

Seperti yang diungkapkan, dr. Olivia Ong dari Jakarta Aesthetic Clinic, bahwa Indonesia adalah negara yang masyarakatnya paling banyak memiliki jerawat. Hal ini dapat terjadi dikarenakan gaya hidup dan iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia. Sebab, saat musim panas tiba, masalah jerawat bisa meningkat hingga 33 persen.

"Jerawat akan lebih banyak muncul pada daerah dengan paparan UV dan kelembaban yang tinggi," ujar dr. Olivia dalam talkshow Friendship and Beauty di Jakarta Aestheric Clinic, Jakarta Selatan.

Selain itu, ada beberapa faktor yang membuat jerawat muncul lebih mudah, seperti menstruasi. Sebanyak 60-70 persen jerawat memang akan muncul ketika mengalami menstruasi. Jerawat juga tak dapat dihindari pada ibu hamil. Keduanya disebabkan oleh hormon.

Untuk wajah mulus tanpa jerawat, dr. Olivia menyarankan untuk lebih selektif memilih kosmetik. Karena Indonesia memiliki iklim tropis, produksi minyak di dalam kulit akan lebih tinggi.

"Jadi hindari pemakaian kosmetik komedogenik atau yang bisa nyumpel di kelenjar minyak, seperti komposisi cocoa butter, mineral oil, pertolatum, lanolin, sesame oil. Bersihkan peralatan make up skala berkala, kuas 1-2 minggu dicuci. Pakai double cleansing juga penting, setelah susu pembersih lalu sabun," ungkapnya.

Jangan lupa untuk memilih makanan yang tepat. Dan hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi yang bisa menimbulkan jerawat. Kadar lemak yang tinggi dan produk susu yang dapat memperparah jerawat.

Kalau kamu ingin memiliki wajah cantik dan bebas jerawat saat hari raya tiba, ikuti tips-tips di atas, ya. Pemilihan kosmetik dan faktor pola makan memang memiliki pengaruh besar pada persoalan jerawat. Semoga infonya bermanfaat!

(vem/asp/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading