Sukses

Beauty

Penelitian Membuktikan, Ini Alasan Mandi Malam Hari Baik Untukmu

Mandi di pagi hari pasti jadi hal wajib dilakukan. Bukan hanya untuk menjaga kebersihan tubuh, tapi mandi pagi hari juga jadi satu kegiatan yang membuat pikiranmu segar dna mood lebih baik, bahkan mampu meningkatkan kreativitas. Tapi bagaimana dengan mandi malam hari?

Banyak orangtua pasti melarang, mereka bilang mandi malam hari bisa bikin rematik. Tapi penelitian justru menyatakan sebaliknya. Direktur behavioral sleep medicine di New York’s Montefiore Medical Center, Shelby Harris, mengatakan bahwa mandi malam hari bisa menurunkan suhu tubuh dan membuat tubuh cepat mengantuk.

Saat tubuh sudah tidak melakukan banyak aktivitas, menjelang sore hingga malam hari, tubuh akan mengalami penurunan suhu sebagai bentuk penyesuaian diri sistem sirkardian tubuh. Dengan kata lain, mempersiapkan tubuh untuk beristirahat atau tidur. Itulah mengapa, jika kamu mandi mendekati waktu tidur, akan membantu tubuh lebih cepat terlelap.

Waktu terbaik untuk mandi malam hari adalah 1,5 jam sebelum kamu pergi tidur. Saat itulah tubuh tidak terlalu dingin setelah mandi, namun juga tidak terlalu hangat.

Secara perlahan, tubuh akan menginstruksikan diri untuk istirahat. Tidak masalah kamu menggunakan air seperti apa untuk mandi, bisa hangat atau air dingin biasa untuk mandi, sesuai selera asal kamu nyaman.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading