Sukses

Beauty

Tubuh Dibiarkan Berkeringat Terlalu Lama, Dampaknya Bisa Negatif

Berkeringat merupakan proses alami tubuh yang berfungsi sebagai sistem pendinginan alami. Selain itu, berkeringat juga penting sebagai proses ekskresi tubuh. Tapi membiarkan tubuh berkeringat terlalu lama juga kurang baik.

Secara umum, keringat itu ada dua jenis, ekrin dan apokrin. Dilansir dari boldsky.com, keringat ekrin ini berair, tak berbau, dan mudah menguap. Sedangkan kelenjar keringat apokrin terletak di ketiak dan area perianal, sehingga keringatnya bisa jadi sarang bakteri untuk tumbuh dan berkembang baik. Hal ini yang kemudian bisa membuat tubuh bau karena keringat.

Kalau tubuh dibiarkan berkeringat terlalu lama, dampaknya bisa negatif. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di bawah ini.

Muncul Ruam-Ruam di Kulit
Keringat berlebih di kulit bisa menyebabkan iritasi. Sehingga bisa memicu munculnya ruam-ruam kulit dan gatal. Kalau keringat tak segera dibersihkan, bakteri dan jamur bisa bersarang dan berkembang baik sehingga menyebabkan alergi pada kulit.

Memicu Munculnya Jerawat
Memakai baju kotor yang penuh keringat terlalu lama, kotoran akan makin banyak menumpuk di kulit. Dampaknya bisa menutup pori-pori kulit. Kalau pori-pori tersumbat, kulit jadi rentan mengalami jerawat.

Bisa Menyebabkan Keputihan
Tidak segera mengganti celana dalam atau celana olahraga setelah berkeringat, maka kamu bisa berisiko mengalami keputihan. Tapi tenang saja, hal ini bisa disiasati dengan memilih celana dalam atau celana yang longgar dari bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik.

Menyebabkan Bau Kaki
Wah, kalau pakai sepatu pastikan kakimu masih dalam keadaan bersih ya. Kaki yang berkeringat dalam waktu lama bisa menyebabkan bau yang tak sedap. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur di jari-jari kaki.

Bau Badan
Dampak yang satu ini termasuk yang paling umum. Keringat berlebih bisa jadi tempat bersarang dan berkembang biaknya bakteri. Akibatnya, badan jadi menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kulit Jadi Lecet
Perhatikan area paha, ketiak, dan di bawah payudara. Jangan sampai keringat berlebih dibiarkan terlalu lama di area tersebut. karena bisa membuat area kulit tersebut jadi lecet atau teksturnya berubah jadi kasar.

Well, nggak perlu takut berkeringat, Ladies. Berkeringat tetap baik untuk tubuhmu. Tapi yang tak kalah penting juga adalah untuk memastikan kamu selalu menjaga kebersihan tubuhmu secara rutin setiap harinya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading