Pengobatan Penyakit Lupus: Plaquenil

Sabtu, 20 September 2014 19:11

(C) shutterstock

Vemale.com - Salah satu penyakit yang berhubungan dengan masalah autoimun dan menyebakan tubuh bereaksi menimbulkan ruam kulit adalah penyakit lupus. Penyakit ini, meskipun tidak ada obat yang sesifik mengobati gejalanya, namun pemberian obat-obatan lain bisa meredakan gejala dna menyembuhkan.

Seperti dikutip www.everydayhealth.com, bahwa obat-obatan yang dapat menekan sistem imun bisa digunakan untuk mencegah atau mengobati lupus dan mengontrol aktivitas penyakit sehingga tidak menjadi lebih parah.

Salah satu obat penekan sistem imun adalah Plaquenil atau hydroxychloroquine. Obat ini sebenarnya bukan untuk lupus, obat ini biasa digunakan terutama untuk mengobati malaria. Meskipun memang tidak ada hubungannya dengan penyakit malaria, namun ternyata juga dapat menekan respon imun pada penyakit lupus.

Plaquenil digunakan untuk mengobati kelelahan, sakit, ruam kulit, dan peradangan, terutama di sekitar paru-paru. Obat ini adalah salah satu obat yang paling sering digunakan untuk lupus karena penelitian menunjukkan bahwa mungkin kandungan obat ini dapat mencegah ruam lupus meluas dan mencegah kerusakan ginjal.

Karena hal ini lah, pada akhirnya banyak pasien lupus menggunakan obat ini sebagai pereda dan penyembuh lupus. Efek samping yang umum bisa terjadi adalah sakit perut. Dalam kasus yang jarang terjadi, ada juga efek samping yang agak parah, yaitu kerusakan pada retina mata.

Jadi, jika Anda menggunakan obat Plaquenil, maka pastikan untuk memeriksakan mata Anda setiap setahun sekali.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.