Sukses

Lifestyle

Anorgasmia: Macam-macamnya (1)

Ladies, ternyata ada banyak jenis anorgasmia atau kesulitan orgasme yang mungkin Anda alami. Diulas dalam female-sexual-dysfunction.com, para ahli terapi membagi anorgasmia menjadi 4 tipe.

Tipe pertama adalah anorgasmia primer, suatu kondisi yang dirasakan wanita dimana ia tidak pernah mencapai orgasme sama sekali namun dapat merasakan rangsangan. Tidak ada bukti jelas mengenai penyebab anorgasmia tipe ini, dan beberapa wanita mengatakan bahwa mereka tidak memiliki masalah dengan pasangannya yang mampu mencegah tercapainya orgasme. Namun para ahli terapi menyatakan bahwa kemungkinannya adalah masalahnya ada pada wanita si penderita itu sendiri.

Banyak ahli pskiatri meyakini bahwa kunci permasalahannya ada apa cara pandang wanita mengenai seks. Cara pandang yang tradisional yang umum menyatakan bahwa nafsu birahi wanita dianggap tidak bermoral atau tidak sopan. Cara pandang kuno semacam ini masih melekat di pikiran masyarakat terutama wanita sekarang bahkan pada beberapa orang yang menyandang profesi sebagai guru atau pengacara. Stress dan tekanan yang disebabkan oleh sikap ini dapat memberikan efek psikologi yang merugikan bagi beberapa wanita.

Kemudian anorgasmia tipe kedua adalah anorgasmia sekunder. Anorgasmia tipe ini dapat diartikan sebagai kondisi di mana si penderita kehilangan kekuaatan atau daya tahannya untuk mencapai orgasme. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anorgasmia tipe ini terjadi, antara lain operasi panggul, mengkonsumsi alcohol atau obat-obatan terlarang, depresi, penyakit tertentu, kehilangan level estrogen terkait masa menopause, atau trauma akibat pemerkosaan.

 

Oleh: Ardisa Lestari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading