Sukses

Lifestyle

Penyakit-Penyakit Mengerikan Yang Terus Menghantui Anda (7)

Penyakit Menular Seksual (PMS) atau Penyakit Kelamin (venereal diseases) telah lama dikenal dan beberapa di antaranya sangat populer di Indonesia. Dengan semakin majunya peradaban dan ilmu pengetahuan, makin banyak pula ditemukan penyakit-penyakit baru, dengan sebab dan dampak yang tak terduga, namun mencengangkan. Beberapa contohnya telah kita bahas dalam ulasan sebelumnya, antara lain kencing nanah, kutu pubik, dan lain-lain.

Penyakit seksual yang kita bahas kali ini bisa dibilang sangat serius, karena membawa dampak berbahaya bagi penderitanya. Padahal, 500.000 hingga 1 juta kasus baru muncul setiap tahunnya, dan menyebabkan penderitanya mengalami hal yang sangat mengerikan. Virus ditularkan melalui hubungan seks, baik vaginal, anal atau oral yang menimbulkan luka atau lecet pada kelamin dan mengenai langsung bagian luka.

Menurut akorra.com, herpes terjadi karena virus herpes simpleks (HSV), dan penyakit ini bisa dan menular dengan sangat cepat. Jika sudah terkena, biasanya muncul luka (bisul) di sekitar daerah tempat virus memasuki tubuh. Bisul mulai melepuh, gatal dan menyakitkan.

Yang lebih mengerikan, bisul ini akan sembuh, namun kemudian muncul kembali jika ada faktor pemicunya. Kadang-kadang orang tidak tahu bahwa mereka memiliki herpes karena mereka tidak menunjukkan gejala atau gejala yang dialami memang sangat ringan.

Penyakit ini muncul 3 sampai 10 hari setelah berhubungan seks dengan orang yang sudah terinfeksi. Gejala ini timbul tergantung tergantung daya tahan tubuhnya. Pengobatan yang terbaik adalah segera menghubungi dokter.

 

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading