Sukses

Lifestyle

Seputar Penyakit Lymphogranuloma Venereum

Ladies, familiarkah Anda dengan istilah Lymphogranuloma venereum (LGV)? LGV ini merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang menyerang kelenjar getah bening pada area organ seksual. Berdasarkan smartsexresource.com, LGV akan cenderung diderita oleh pria yang biasanya bercinta dengan sesama pria. Penyakit ini biasanya diderita oleh mereka yang tinggal di daerah sekitar ekuator.

LGV ini disebabkan oleh bakteri chlamydia yang menyebar melalui sentuhan kulit pada saat melakukan hubungan suami istri baik secara vaginal, oral, maupun anal. LGV ini berhubungan dengan sistem getah bening dan biasanya menimbulkan pembengkakan pada pembuluh getah bening.

LGV dapat menyebabkan luka pada sekitar organ seksual, sakit kepala, demam, mudah lelah, dan lain-lain. LGV dapat berdampak pada paru-paru, jantung, sistem saraf, atau mata. Untuk pria dan wanita yang biasa melakukan anal seks, akan muncul pembengkakan pada dinding rectal. Waktu yang dibutuhkan virus pada organ seksual untuk berkembang adalah 3 sampai 30 hari. Pembengkakan pada organ seksual akan terjadi jika gejala tidak ditangani

Jika Anda ingin memeriksakan diri Anda, maka perlu diperhatikan bahwa memeriksakan LGV tergantung pada tipe-tipe gejala yang muncul. Dokter biasanya akan menganalisa melalui gejala, uji pada luka dan pembengkakan, dan sejarah hubungan percintaan. Biasanya juga akan dilakukan uji laboratorium untuk memastikan hasil diagnosa awal. Nah ladies, tetap waspadai gejalanya ya.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading