Sukses

Beauty

Diagnosa dan Penyebab Penyakit Lupus pada Discoid Lupus Erythematosus

Ladies, discoid lupus erythematosus merupakan jenis lain dari penyakit lupus. Apakah penyebab penyakit lupus ini, bagaimana cara mendiagnosanya?

Melangsir dari www.bad.org.uk, penyebab penyakit lupus hingga saat ini belum ditemukan secara pasti, namun, terdapat teori yang mengatakan munnya lupus pada umumnya karena penyakit autoimun pada tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang semestinya melindungi dari infeksi malah menyerang sel-sel yang normal, sehingga terjadi kesalahan pada sistem kekebalan. Hal inilah yang disebut dengan autoimun.

Ladies, discoid lupus erythematosus pada umumnya dapat menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan, namun, yang paling sering adalah pada perempuan usia muda. Discoid lupus erythematosus jarang ditemukan pada anak-anak.

Discoid lupus erythematosus biasanya dapat terbawa oleh gen, sehingga jika terdapat keluarga yang terkena penyakit ini dapat meningkatkan resiko pada anggota keluarga yang lainya.

Ladies, gejala pada discoid lupus erythematosus pada kebanyakan pasien tidak terlihat pada kesehatannya, namun, terdapat beberapa gejala seperti gatal-gatal dan munculnya ruam pada daerah kulit.

Diskoid lupus eritematosus biasanya mempengaruhi wajah dan kulit kepala, tetapi kadang-kadang juga dapat meluas ke bagian kulit yang lainya. Diskoid lupus eritematosus biasanya dapat terlihat seperti ruam yang terdiri dari bercak merah dan bersisik dan terkadang sisik yang terlihat bisa sangat tebal.

Ladies, untuk mendiagnosa diskoid lupus eritematosus dapat dengan melakukan tes biopsi kulit dan tes darah. Hasil dari biopsa kulit dapat dinyatakan secara pasti pada diskoid lupus eritematosus, namun, pada tes darah tidak dapat dinyatakan secara pasti pada diskoid lupus eritematosus.

Oleh: M. S. Rizal

 

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

Loading