Sukses

Beauty

Faktor Resiko dan Penyebab Penyakit Lupus pada Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Ladies, systemic lupus erythematosus (SLE) merupakan jenis lain dari penyakit lupus. Tahukah Anda apa yang penyebab penyakit lupus pada systemic lupus erythematosus (SLE) dan siapa sajakah yang beresiko terkena penyakit ini ?

Melangsir dari umm.edu, penyebab pasti penyakit ini masih belum diketahui, namun, secara umum penyakit lupus adalah penyakit autoimun. Penyakit autoimun merupakan terjadi ketidak sesuaian kerja pada sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh Anda dari serangan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh, malah menyerang sendiri sel-sel yang normal dan sehat, kondsi inilah yang disebut dengan penyakit autoimun.

Ladies, kemungkinan besar penderita penyakit ini dipicu oleh faktor lingkungan dan genetika. Para peneliti memperkirakan bahwa 20-100 faktor genetik yang berbeda membuat seseorang rentan terhadap systemic lupus erythematosus (SLE).

Terdapat beberapa faktor resiko terkena systemic lupus erythematosus (SLE) seperti :

Jenis kelamin, sekitar 90% penderita lupus adalah perempuan, sebagian besar didiagnosa pada saat berada pada usia subur. Hal ini disebabkan oleh faktor hormonal yang dimiliki oleh wanita. Pada wanita menopause tingkat resiko terkena systemic lupus erythematosus (SLE) menjadi berkurang.

Usia, usia juga dapat menjadi faktor resiko pada systemic lupus erythematosus (SLE). Kebanyakan orang yang mengembangkan systemic lupus erythematosus (SLE) berada pada usia 15-44 tahun. 15% dari pasien mengalami gejala sebelum usia 18 tahun.

Riwayat keluarga, riwayata keluarga berperan penting dalam pengembangan systemic lupus erythematosus (SLE). Saudara dari penderita systemic lupus erythematosus (SLE) memiliki resiko 20 kali lipat bila dibandingkan dengan seseorang tanpa memiliki saudara dekat yang menderita systemic lupus erythematosus (SLE).

Oleh: M. S. Rizal

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Lupus merupakan penyakit peradangan kronik yang terjadi karena sistem daya tahan tubuh seseorang menyerang sel dan jaringan tubuhnya sendiri

    Lupus

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

What's On Fimela
Loading