Sukses

Beauty

Pengertian dan Penyebab Kanker Serviks (Bagian 1)

Ladies, tahukah Anda tentang kanker servik dan apa saja penyebab kanker servik?

Melangsir dari webmd.com, kanker serviks adalah sel kanker yang tumbuh pada leher rahim atau serviks. Awalnya sel-sel pada leher rahim tumbuh secara normal. Namun, pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada leher rahim inilah yang menyebabkan terjadinya kanker serviks.

Ladies, kanker serviks umumnya disebabkan oleh virus yaitu human papilloma virus atau HPV. Anda akan terinfeksi HPV bila Anda melakukan kontak seksual secara langsung dengan orang yang memilikinya.

Tidak semua jenis HPV menyebabkan kanker serviks, beberapa dari HPV bahkan tidak menimbulkan gejala apapun. Anda mungkin tidak mengetahui apakah Anda terinfeksi oleh virus ini. Setelah bertahun-tahun virus itu tumbuh dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan tumbuhnya kanker serviks dalam tubuh Anda.

Karena itu penting bagi Anda untuk melakuka tes screening. Dengan tes screening Anda dapat mengetahui perubahan yang tidak normal pada sel-sel serviks sebelum berubah menjadi sel kanker. Lalu, apa gejalanya?

Saat sel-sel serviks tumbuh secara tidak normal jarang menimbulka gejala. Tapi, gejala itu terlihat saat sel-sel tersebut mulai berubah menjadi kanker seviks. Gejala kanker serviks meliputi :

Pendarahan dari vagina yang tidak normal, terjadi perubahan siklus mentruasi Anda, pendarahan ketika terjadi kontak dengan leher rahim, nyeri saat berhubungan seks, dan keputihan yang disertai dengan darah.

Jadi ladies, ketahui sejak dini penyebabnya sebelum menjadi kanker serviks.

Oleh : Moch Syaiful Rizal

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading