Sukses

Beauty

Jamu di Indonesia Sudah Lebih 13 Abad!

Ladies, pernahkah Anda penasaran awal mula jamu diciptakan? Siapakah gerangan orang yang dengan kreativitas tinggi meracik bermacam-macam dedaunan dan tanaman hingga menjadi minuman yang berkhasiat bagi kesehatan? Atau bagaimana caranya mereka mengetahui bahwa khasiatnya sangat manjur, meski dunia medis saat itu belum secanggih dulu.

Sayangnya Ladies, tidak ada bukti tertulis yang bisa menjawab rasa penasaran Anda terhadap sejarah jamu di Indonesia. Menurut en.wikipedia.org, diklaim bahwa jamu di Indonesia sudah ada sejak 1300 tahun yang lalu, alias 13 abad. Diyakini pula bahwa jamu berasal dari kerajaan Mataram, meski dianggap banyak dipengaruhi oleh datangnya pedagang-pedagang dari India.

Namun Ladies, beberapa peneliti membantah tentang klaim bahwa jamu di Indonesia bermula dari India sebab banyak tanaman yang digunakan untuk jamu tidak terdapat di India. Justru, tanaman yang digunakan beberapa ditemukan di Australia, yang terletak lebih dekat dengan Indonesia.

Resep-resep mujarab jamu ternyata tidak dituliskan oleh pembuatnya, Ladies. Para pembuat jamu, diyakini adalah dukun, tidak menuliskan resepnya, melainkan diturunkan kepada keturunan mereka. Oleh sebab itu, resep-resep jamu berbeda dari satu daerah ke daerah lain sehingga kepercayaan terhadap khasiat jamu juga berbeda dari tiap daerah.

Namun Ladies, jamu saat ini sudah mulai bisa diproduksi secara masal oleh pabrik dan diperdagangkan hingga pelosok negeri. Selain itu, penjual jamu juga tidak hanya sampai tukang jamu gendong, namun telah hadir dalam bentuk yang lebih praktis di kios-kios jamu.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading