Jenis-jenis Jamu Tukang Jamu Gendong (1)

Rabu, 06 November 2013 18:37

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, pernahkah Anda menanyakan langsung pada tukang jamu gendong tentang apa saja isi di gendongannya? Ada banyak sekali. Sungguh hebat, bukan? Seorang tukang jamu gendong yang biasanya wanita menjajakan ramuan kesehatan alami bagi orang-orang di sekelilingnya yang khasiatnya tidak kalah dari obat dokter.

Ladies, menurut pendataan yang dilakukan pada tukang jamu gendong, id.wikipedia.org menyimpulkan bahwa setidaknya ada 8 jenis jamu yang dibawa. Meski jumlahnya terkadang bisa berubah sesuai permintaan pembeli, jenis jamu tersebut termasuk yang paling banyak dicari. 8 jenis jamu tersebut adalah sebagai berikut:

- Beras kencur: rasanya enak dan segar ini sangat jarang sekali dilewatkan. Ia berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal saat habis bekerja, baik pria maupun wanita. Jamu ini juga baik untuk rutin dikonsumsi agar menghindari lelah yang berlebihan setelah bekerja.

- Cabe puyang: jenis jamu untuk mengatasi lelah dan pegal linu, terutama di area pinggang, kesemutan, dan mengurangi keluhan demam. Selain itu, jamu ini juga cocok untuk ibu yang sedang hamil tua agar bayi yang lahir bersih dan tak berbau amis, serta menghindarkan ibu dari drop setelah melahirkan karena kehilangan banyak darah.

- Kudu laos: menurut kepercayaannya dapat melancarkan menstruasi, melancarkan peredaran darah di tubuh, menurunkan tekanan darah, menyegarkan badan, serta menambah nafsu makan.

- Kunir asem: bagi tukang jamu gendong, khasiat jamu ini adalah seputar memperlancar keluar dan cepat membersihkan darah menstruasi. Namun ternyata Ladies, seperti yang dilansir gvron-kunirasem.blogspot.com, jamu ini juga berkhasiat sebagai anti inflamasi, dan penangkal radikal bebas. Jamu ini juga bisa mencegah datangnya penyakit seperti penyakit jantung.

Nah Ladies, jangan sampai melewatkan lanjutan jamu-jamuan gendong ini di bagian 2 ya!

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.