Sukses

Beauty

Jenis Tanaman Obat I: Bunga Pepaya

Ladies, Pepaya atau nama latin Carica Papaya L merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari di Indonesia. Buah yang satu ini memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan. Tak hanya nikmat, berdasarkan penelitian, ditemukan fakta bahwa daging buah pepaya mengandung sejumlah senyawa aktif yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Tak hanya buah saja, ternyata bagian tanaman pepaya lainnya juga memiliki manfaat yang tak kalah dari buah. Salah satunya adalah bunga pepaya. Dijelaskan pada situs stylecraze.com, bunga pepaya memiliki karakteristik rasa yang pahit sama seperti daunnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan alkaloid carpein atau c14h25no2. Senyawa ini ditemukan oleh dr. Carpein di tahun 1980. Berdasarkan penelitian lanjutan, diketemukan fakta bahwa zat alkaloid carpein ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung.

Kandungan bunga pepaya gantung adalah flavonoid, tanin, steroid - triterpenoid, dan karbohidrat. Penelitian dilakukan dengan cara ekstraksi sinambung menggunakan n-heksana, metilen klorida, etil asetat, dan metanol. Dari ekstrak metanol diperoleh satu senyawa amida dan dari ekstrak n-heksana diperoleh satu senyawa steroid. Hasil uji aktivitas antioksidan dengan metode reduksi larutan 1,1-difenil-2 pikrilhidrazil menunjukkan, ekstrak metanol memiliki aktivitas penangkap radikal bebas paling kuat dengan nilai ec50 0,3537 mg/ml.

Secara morfologis, bunga pepaya memiliki bentuk serupa terompet kecil. Warnanya kuning pucat cenderung putih dan dilengkapi dengan tangkai. Bunga ini tumbuh pada pepaya jantan, bunganya tumbuh pada tangkai yang memanjang. Bunga pepaya lazimnya ditemukan pada area pucuk pohon pepaya.

Nah, meskipun pahit rasanya, tapi manfaatnya begitu luar biasa lho ladies. Tertarik mengonsumsinya? Selamat mencoba ladies.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading