Bunga-bunga Yang Menyehatkan

Senin, 04 November 2013 21:20

(c) shutterstock

Vemale.com - Jika anda mendengar kata bunga, yang terbayang mungkin adalah jenis tanaman dengan bentuk dan warna menarik yang dapat digunakan untuk mempercantik rumah ataupun taman. Namun, ladies, pernahkan terbayang dibenak anda kalau beberapa bunga yang biasa dignakan sebagai hiasan ternyata juga memiliki efek baik untuk kesehatan.

Tidak percaya? Ayo mengenal beberapa daftar bunga yang biasa dimanfaatkan untuk kesehatan dari situs www.motherearthnews.com ini.

Bunga matahari (Helianthus annuus) adalah bunga berwarna kuning yang cukup mudah ditemui di lingkungan sekitar. Berdasarkan ensikopedia Encarta, tanaman yang masuk dalam genus Helianthus dan keluarga Asteraceae ini dipercaya berasal dari Amerika Selatan, yang kemudian menyebar ke hampir seluruh dunia. Bunga ini memiliki spesies yang bahkan bisa tumbuh hingga sekitar 3 meter dan biasanya dimanfaatkan bijinya untuk konsumsi.

Siapa yang belum mengenal lavender? Bunga dari spesies Lavandula yang biasanya berwarna ungu ini, berdasarkan ensiklopedia Encarta, berasal dari Eurasia. Jenis lavender yang sering dikembangbiakkan biasanya adalah jenis Lavandula augustifolia augustifolia yang berdaun kecil dan memiliki bunga berwarna ungu lilac yang mengandung minyak lavender.

Ladies, beberapa dari anda mungkin belum familiar dengan bunga bernama Calendula atau yang juga sering disebut dengan pot marigold. Bunga dengan nama ilmiah Calendula officinalis ini memang merupakan bunga yang banyak tumbuh di wilayah Mediterania. Dalam ensiklopedia Encarta dijelaskan bahwa bunga ini dapat tumbuh hingga 61cm dan memiliki panjang daun sekitar 5 hingga 15 cm, dengan diameter bunga hingga 10 cm. Kelopak bunga ini banyak dimanfaatkan dalam masakan.

Oleh: Alfi

(vem/rsk)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.