Sukses

Beauty

Benarkah Toilet Umum Dapat Tularkan Herpes?

Apa yang Ladies ketahui tentang penyakit herpes genitalis? Jika dilihat dari kata genitalis, Ladies mungkin bisa menebak bahwa penyakit ini menyerang bagian kelamin. Yap, herpes genitalis adalah salah satu jenis penyakit kelamin menular. Sama dengan penyakit kelamin menular lainnya, media penularan herpes genitalis adalah hubungan seks atau kontak langsung dengan penderita.

Oleh karena penyebaran herpes terjadi melalui perpindahan virus dari penderita kepada orang lain, banyak orang khawatir bahwa toilet umum membawa risiko penularan herpes genitalis. Namun, benarkah kita dapat tertular herpes hanya karena menggunakan toilet yang telah dipakai oleh penderita herpes?

Ditulis pada health.howstuffworks.com bahwa kemungkinan tersebut selama ini tetap menjadi pertanyaan. Faktanya, virus penyebab herpes genitalis yaitu HSV-1 dan HSV-2 hanya akan menular dari kontak kulit ke kulit seperti dengan berciuman dan berhubungan seksual.

Herpes genitalis mengakibatkan luka seperti melepuh yang terasa nyeri di bagian mulut dan di sekitar alat kelamin. Nah pada saat terbentuk luka itulah virus herpes dapat berpindah dan menular.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa virus herpes genitalis hanya akan menular melalui kontak langsung kulit ke kulit seperti ciuman dan hubungan seksual. Oleh karena itu, tentu saja menggunakan toilet umum tidak akan menularkan virus HSV-1 dan HSV-2 penyebab herpes.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading