Sukses

Beauty

Perempuan dan Disorder

Ladies, sebagai seorang makhluk yang (katanya) lebih menggunakan emosi ketimbang logika, perempuan ternyata lebih rentan terhadap stess dan penakit mental bila dibandingkan lelaki.

Menurut nimh.nih.gov, penyakit mental menyerang perempuan dan lelaki dengan cara yang berbeda. Gejala yang menandakan penyakit itu muncul juga ditemukan berbeda pada lelaki dan perempuan. Selain itu, mereka juga bereasksi terhadap penyakit mental itu dengan cara yang bebeda pula.

Beberapa penyakit mental diketahui lebih banyak ditemukan pada perempuan, dan perempuan juga lebih rentan terhadap penyakit mental. Walaupun belum diketahui penyebabnya secara pasti, namun para peneliti tetap berusaha untuk mengetahui faktor bilogis, psikologis, dan lingkungan yang mungkin berpengaruh pada statement tersebut.

Tidak hanya itu, para peneliti juga berusaha untuk menemukan permasalahan special yang muncul pada perawatan penyakit mental pada ibu hamil dan ibu melahirkan.

Setidaknya ada delapan macam penyakit mental yang lebih banyak ditemukan pada perempuan. Beberapa penyakit itu adalah Bipolar disorder, ADHD dan ADD, Borderline Personality Disorder, depresi, depresi postpartum, eating disorder, schizophrenia, dan anxiety disorder.

Dari sekian banyak penyakit mental, kasus Anxiety Disorders dan Eating Disorder paling banyak ditemukan pada perempuan pada banyak umur. Tidak sedikit perempuan yang menderita anoreksia dan bulimia yang berakibat fatal.

Pada anxiety disorders, perempuan banyak terkena UCD, pabik, PTSD, dan fobia sosial.

Ladies, kira-kira, mengapa ya perempuan lebih rentan terkena penyakit mental? Ada ide?

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading