Sebab Keputihan Fisiologis dan Keputihan Patologis

Kamis, 22 Agustus 2013 11:58

(c) shutterstock

Vemale.com - Hai Ladies, apakah Anda sering mengalami keputihan? Kebanyakan wanita mengalami keputihan pada periode akhir haid mereka. Keputihan jenis ini bisa dikategorikan sebagai kondisi yang normal. Namun, ada pula keputihan yang muncul tidak pada masa akhir haid. Wah, kalau yang ini Ladies, jelas bukan kategori normal.

Oleh sebab itu, Ladies bisa menyimak sedikit penjelasan terkait sebab keputihan, baik yang normal maupun yang berbahaya. Dilansir dari situs bidanku.com, keputihan normal, atau keputihan fisiologis dalam istilah medis, terjadi pada masa kesuburan seorang wanita.

Keputihan ini biasanya terjadi saat masa sebelum haid dan haid berakhir. Laman caramengobatikeputihan.org juga menambahkan bahwa keputihan fisiologis bisa terjadi pada saat hasrat sex meningkat atau saat Ladies mengalami stress berat.

Sementara itu, keputihan patologis atau keputihan yang tidak normal terjadi karena infeksi pada vagina. Infeksi ini bisa terjadi karena adanya benda asing dalam vagina.

Ingat Ladies, Miss V memang bukan tempat yang steril ya! Sebab berbagai kuman ada di situ. Meski terdapat flora normal dalam vagina yang menjaga keasaman berkisar 3,5 - 5,5 ph, flora ini bisa terganggu sehingga tingkat keasaman pun berubah dan menyebabkan bakteri bisa masuk.

Saat Ladies melakukan hubungan intim bersama pasangan, resiko terkena infeksi pada vagina otomatis semakin membesar. Itulah mengapa para ahli medis dan seksologis selalu menyarankan Ladies berhati-hati ketika melakukan hubungan seksual. Tidak berganti pasangan dan atau mengurangi intensitas hubungan seks bisa menurunkan resiko terjadinya keputihan patologis.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.