Sukses

Beauty

Mencegah Keputihan Patologis

Ladies, pernahkah Anda mendengar tentang keputihan patologis? Dari sumber bidanku.com jelas disebutkan bahwa keputihan jenis ini merupakan kondisi medis yang berbahaya karena berasal dari infeksi jamur dan bisa memicu timbulnya kanker leher rahim atau bahkan kemandulan.

Tapi gak perlu takut dulu ya Ladies. Justru karena berbahaya itulah Anda wajib menyimak segmen ini yang membahas usaha mencegah keputihan patologis. Pertama, karena keputihan patologis ini disebabkan oleh infeksi jamur, dengan sendirinya menjaga kebersihan celana dalam sangat amat penting!

Termasuk dalam hal ini adalah menghindari segala pinjam-meminjam celana dalam dan pemakaian bersama. Memang, kalau sudah dewasa, hal ini jarang terjadi karena risih juga rasanya. Tapi bagaimana dengan anak-anak atau keponakan dan sepupu perempuan yang masih kecil? Biasakah Ladies berpikir kan masih anak-anak, masak ya bisa keputihan? Well?

Kedua, setelah buang air besar atau kecil, pastikan bahwa Ladies telah membersihkan area sekitar Miss V dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang. Hal ini bermaksud untuk menghindari kuman dari daerah anus terbawa ke area vagina.

Selain itu, menghindari gonta ganti pasangan merupakan tindak pencegahan yang wajib dilakukan. Hindari pula pemakaian pembersih vagina yang bisa mengganggu keseimbangan Ph Anda. Bertanyalah pada dokter atau bidan mengenai cairan pembersih vagina yang aman.

Laman keputihan.net menambahkan tips penggunaan celana dalam yang berbahan katun atau tidak ketat untuk membantu mencegah keputihan. Selama menstruasi, gantilah pembalut sesering mungkin. Bila Anda sedang keputihan dan sedang bepergian, gunakan panty-liner dan segera lepas saat pulang atau sudah tidak nyaman.

Nah, semoga bermanfaat ya infonya. Eh, satu lagi nih yang tak boleh ketinggalan: makanan sehat dan olahraga!

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading