Solusi untuk Mencegah Risiko Kelelahan Pada Ibu Hamil

Kamis, 27 September 2018 11:11

Rohmitriasih



copyrigh unplash.com/Ryan Franco

Vemale.com - Kelelahan saat hamil sangat berbahaya bagi ibu maupun janin di dalam kandungan. Ada berbagai risiko kesehatan yang mengintai ibu hamil jika ia mengalami kelelahan saat hamil. Risiko tersebut mulai dari kontraksi dini hingga keguguran.

Melansir dari laman parents.com, sangat penting ibu hamil menjaga kesehatannya dengan baik selama hamil. Penting juga baginya untuk tetap sabar, tenang dan mencegah stres. Untuk mencegah rasa lelah berlebih saat hamil, ada beberapa solusi atau tips yang bisa kita lakukan. Solusi tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Pastikan untuk memiliki istirahat cukup setiap hari. Tidurlah lebih awal saat malam. Dengan istirahat cukup, fisik dan psikis ibu akan terjaga kesehatan serta kenyamanannya.
  2. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu menguras tenaga maupun pikiran. Batasi aktivitas fisik kamu. Lakukan aktivitas yang memang penting dan darurat untuk dilakukan. 
  3. Jika tubuh mulai merasa lelah saat melakukan aktivitas, segeralah istirahat. Lanjutkan lagi aktvitasmu setelah tubuh terasa bugar dan tak lelah lagi. Jangan paksa fisik maupun psikis kamu terlalu bekerja terlalu berat. 
  4. Konsumsi air putih cukup setiap hari minimal 8 gelas perhari. Hindari juga konsumsi minuman tak sehat seperti kafein, bersoda dan mengandung pemanis buatan berlebih. 
  5. Pastikan untuk menerapkan pola hidup dan makan sehat. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan berbagai makanan kaya nutrisi. Hindari makanan-makanan yang berisiko mengganggu kesehatan. Kurangi konsumsi junk food selama kehamilan. 
  6. Usahakan agar lingkungan kamu bersih dan membuat kamu nyaman. Lingkungan yang kotor, berantakan dan tidak terawat akan membuat pikiran stres. Ketika pikiran stres, tubuh akan rentan merasa lelah.


Well, itulah beberapa solusi untuk mencegah masalah kelelahan selama kehamilan. Semoga tips ini bermanfaat. Jaga baik-baik kesehatan kamu maupun janin di kandungan ya mom.

Tips Seputar Kehamilan Selanjutnya:

Agar Peluang Hamil Kembar Lebih Besar, Perhatikan Hal Ini Mom

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Sering Berkeringat

Aturan Dasar Olahraga yang Aman Dilakukan Ibu Hamil

Ibu Hamil Sebaiknya Membatasi Asupan Mie Instan, Alasannya...

5 Cara Mencegah Gangguan Pencernaan Selama Hamil



(vem/mim)






ARTIKEL TERKAIT - PENYAKIT WANITA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


    © 2003-2018 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.