Sukses

Beauty

Waspada, Kebiasaan Begadang Bisa Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Jam berapa kamu mulai tidur dan istirahat? Apakah di bawah jam 11 malam atau justru di atasnya? Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Chronobiology International menyebutkan bahwa kebiasaan tidur terlalu malam atau begadang bisa meningkatkan risiko kematian dini.

Penelitian ini sendiri dilakukan pada orang-orang usia 30 sampai 73 tahun di Inggris dan Amerika Serikat selama 7 tahun terakhir. Melansir dari laman time.com, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang punya kebiasaan begadang saat malam memiliki risiko mengalami kematian dini lebih tinggi 10 persen dibandingkan dengan orang yang tidur lebih awal atau tepat waktu.

Para peneliti yang berasal dari University of Surrey di Inggris dan Northwestern University di Chicago menemukan bahwa selain berisiko mengalami kematian dini, orang-orang yang terbiasa begadang memiliki risiko masalah kesehatan seperti diabetes, gangguan pernafasan dan neurologis serta jantung lebih tinggi.

"Kesehatan mereka yang sering begadang sebenarnya disebabkan ketidaksejajaran antara jam biologis dan waktu kegiatan sosial yang dilakukan. Begadang juga bisa meningkatkan risiko stres hingga depresi," ungkap salah seorang peneliti.

Karena begadang berefek buruk buat kesehatan juga meningkatkan resiko kematian dini, para ahli sangat menyarankan agar kita semua mulai memperbaiki waktu tidur atau istirahat. Cegah dan atasi kebiasaan begadang dengan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat saat malam, hindari stres, konsumsi makanan sehat, olahraga cukup dan miliki asupan air putih cukup.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading