Sukses

Beauty

Selamat Hari Air Dunia, Begini Cara Bijak Menggunakan Air

Ladies tahukah kamu jika setiap tanggal 22 Maret ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia (HAD)? Di tahun ini tema yang diusung HAD ialah ‘Nature for Water’ yakni eksplorasi untuk mengedepankan solusi berbasis alam demi menghadapi segala tantangan di abad ke-21 ini. Sedangkan di Indonesia mengusung tema “Manfaatkan Alam Untuk Kelestarian Air”.

Data dari WHOUNICEF 2014/WHO 2014, menyebutkan ada lebih dari 1,8 miliar orang yang meminum air dari sumber yang telah terkontaminasi oleh feses. Akibatnya, mereka beresiko terkena beragam penyakit seperti kolera, disentri, tipus dan polio. Air yang tidak aman serta rendahnya tingkat kebersihan menyebabkan kurang lebih 842.000 kematian setiap tahunnya.

Dilansir dari data Direktorat Jendral Sumber Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, kurang dari 1 persen jumlah air di Bumi yang dapat dikonsumsi makhluk hidup. Melihat permasalahan tersebut, terdapat beberapa langkah mudah yang dapat kita lakukan untuk menggunakan air dengan lebih bijak. Yuk simak uraiannya.

Cara bijak untuk menggunakan air di kehidupan sehari-hari/copyright twitter.com/KemenPU

1. Gunakan pancuran mandi dan keran yang hemat air.

Kebiasaan mandi dengan gayung bisa menghabiskan sekitar 15 liter air. Mandi dengan pancuran bisa menghemat air lebih dari 60 persen.

2. Siram tanaman di pagi hari

Menyiram tanaman pada siang hari akan membuat air menguap sebelum diserap. Disarankan menanam di musim hujan karena pada awal perkembangannya, tumbuhan membutuhkan lebih banyak air.

3. Matikan keran ketika mencuci tangan dan menyikat gigi

Batasi penggunaan air dengan gelas atau gayung, hal ini dapat menghemat 11 liter air per hari.

4. Bijaksana dalam mencuci pakaian

Cucilah pakaian saat tumpukan baju cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin. Menggunakan mesin cuci yang hemat air dapat menghemat 11.400-34.000 liter air per tahun.

5. Kurangi siraman pada kloset

Minimalkan penggunaan siraman pada toilet duduk. Jika bau dan kotoran sudah hilang, tidak perlu menyiram toilet lagi. Gunakan kloset dengan pilihan penyiram ganda yang saat ini banyak di pasaran.

Nah ladies mulai sekarang jangan membuang-buang air karena kita harus bijak menggunakannya. Agar cucu kita nanti masih bisa menggunakan air bersih. Selamat Hari Air Dunia Ladies.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading