Sukses

Beauty

Buang Air Kecil Usai Berhubungan Intim Bisa Cegah Penyakit Ini

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Siapapun berisiko mengalaminya. Apalagi bila sering menahan buang air kecil atau tak menjaga kebersihan, maka risikonya akan lebih tinggi.

Ada banyak cara untuk mencegah atau menurunkan risiko penyakit infeksi saluran kemih. Dikutip dari her.ie, salah satu caranya adalah dengan buang air kecil usai berhubungan intim. Mungkin selama ini saran yang sering kita dapat adalah buang air kecil sebelum berhubungan intim. Tapi setelah berhubungan intim pun sangat disarankan untuk buang air kecil. Tujuannya untuk membersihkan area kemaluan dari bakteri yang mungkin masuk ketika sedang bercinta.

Hentikan kebiasaan menahan pipis juga ya ladies./Copyright shutterstock.com

Wanita lebih disarankan untuk melakukan ini. Karena wanita berisiko sepuluh kali lipat mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan pria. Penting juga untuk mengetahui gejala-gejalanya, seperti meningkatnya intensitas buang air kecil yang tidak normal, terasa sakit saat buang air kecil, yang disertai dengan sakit punggung dan kram perut. Kalau kamu mengalami gejala-gejala ini, waspadai infeksi saluran kemih ya ladies.

Buang air kecil setelah berhubungan intim hanya satu cara saja untuk mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Cara-cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi ini, antara lain hentikan kebiasaan menahan buang air kecil, bersihkan area kemaluan dari depan ke belakang, minum banyak air putih setiap harinya, hindari penggunaan sabun pewangi area kewanitaan, ganti celana dalam secara rutin, dan hindari penggunaan baju dan pakaian dalam yang terlalu ketat.

Yuk, lebih peka dan hati-hati lagi untuk selalu mencegah kebersihan area intim agar terhindar dari penyakit dan infeksi berbahaya. Semoga infonya bermanfaat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading