Sukses

Beauty

Metabolisme Terganggu Bikin Tubuh Gampang Gemuk, Kenali 6 Tandanya

Ladies, tahukah kalau metabolisme memiliki peran penting di tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi? Selama ini kita mungkin tak ambil pusing soal metabolisme tubuh selama masih berfungsi dengan normal. Tapi seiring bertambahnya usia, umumnya kinerja metabolisme akan menurun.

Kalau metabolisme terganggu, tubuh akan cepat gemuk. Apalagi kalau pola makan tidak dijaga dengan baik, tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Sekarang, yuk kita kenali tanda-tanda metabolisme tubuh yang terganggu. Kalau kamu mengalami hal ini, segera ubah pola makan dan kebiasaan harianmu.

Tubuh Gampang Capek
Ada banyak alasan tubuh sering merasa capek. Mulai dari kurang tidur hingga jarang olahraga. Selain itu, seperti yang dikutip dari boldsky.com, metabolisme tubuh yang terganggu juga bisa membuat tubuh gampang capek. Saat tubuh tak bisa mengubah makanan menjadi energi dengan optimal, dampaknya tubuh jadi gampang merasa capek.

Kulit dan Rambut Terasa Kering
Coba perhatikan kondisi kulit dan rambutmu. Kalau terasa kering, ada kemungkinan metabolisme tubuhmu terganggu. Hal ini terjadi karena tubuh tak bisa memperbarui sel-sel dengan cepat.

Nafsu untuk Ngemil Meningkat
Meningkatnya nafsu makan atau ngemil makanan yang manis dan asin juga bisa jadi tanda metabolisme tubuh meningkat. Kalau sudah merasa istirahat dan makan cukup tapi masih saja ingin ngemil, besar kemungkinan metabolisme tidak bekerja dengan efektif.

Gampang capek jadi salah satu tanda metabolisme tubuh terganggu./Copyright thinkstockphotos.com

Berat Badan Meningkat Meski Nggak Makan Banyak
Perasaan pola makan biasa saja, tapi kok berat badan mendadak naik? Ini bisa jadi metabolisme tubuhmu terganggu.

Sering Merasa Kedinginan
Metabolisme tubuh juga bisa memproduksi panas untuk menghangatkan tubuh. Tapi kalau tubuh gampang kedinginan, ini juga jadi tanda metabolisme tubuh sedang terganggu.

Suasana Hati Naik Turun (Moody)
Gampang merasa uring-uringan atau suasana hati naik turun? Ini juga bisa jadi tanda metabolisme tubuh bekerja lebih lambat dari biasanya.

Itu tadi sejumlah tanda umum yang bisa saja kamu alami saat metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. Kalau kamu mengalami tanda-tanda tersebut, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading