Sukses

Beauty

4 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Sering Kentut Namun Jarang Disadari

Sering merasa ingin kentut padahal sedang bersama orang-orang yang membuatmu malu untuk kentut di depan mereka? Dilansir dari laman 1800healthy.com, kentut merupakan keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut. Kentut juga biasa disebut sebagai aktivitas buang angin. Umumnya, kentut ini ditandai dengan perut terasa tidak nyaman hingga mulas.

Bicara mengenai kentut, ini bisa terjadi karena beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan namun jarang disadari. Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan aktivitas kentut. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak yang berikut ini.

Banyak Konsumsi Sayuran Jenis Cruciferous
Sayuran ini antara lain adalah brokoli dan bunga kol. Sayuran jenis ini akan membuat sistem pencernaan memproduksi banyak gas sehingga menyebabkan kentut sering terjadi.

Konsumsi Susu Berlebih
Susu sebenarnya merupakan minuman yang sehat. Tapi, jika ini dikonsumsi berlebihan, ini sangat tidak baik buat kesehatan terutama kesehatan pencernaan. Susu yang telah masuk ke perut dan tidak diproduksi dengan baik akan membentuk gas yang meningkatkan aktivitas kentut.

Minum Minuman Bersoda
Soda mengandung pemanis buatan seperti sorbitol atau xylitol yang tidak terserap dengan baik ke tubuh. Pada akhirnya, limbah minuman ini bisa menjadi makanan bagi bakteri di usus dan meningkatkan produksi gas di perut penyebab kentut.

Banyak Konsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat
Terlalu banyak konsumsi makanan berkarbohidrat bisa membuat sisa makanan ini tidak dicerna dengan baik oleh usus. Sisa makanan ini selanjutnya akan meningkatkan pembentukan gas dan menyebabkan kentut.

Itulah beberapa kebiasaan yang sering bikin kentut namun sangat jarang disadari. Kebiasaan lain yang membuat kentut sering terjadi adalah kebiasaan buruk menunda buang air besar dan menghirup atau menelan banyak udara.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading