Sukses

Parenting

Kenapa Susah Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Jadi impian banyak wanita untuk bisa segera dapat momongan setelah menikah. Tapi terkadang kenyataan tak berjalan sesuai dengan harapan. Sebagian wanita bisa langsung cepat hamil, sementara yang lain butuh waktu lama untuk bisa hamil.

Kira-kira apa yang menyebabkan seorang wanita susah hamil? Faktor penyebabnya bisa beragam. Secara umum, penyebab seorang wanita susah hamil itu karena hal-hal berikut ini.

Kondisi Serviks atau Leher Rahim
Serviks atau leher rahim ini berfungsi sebagai penghubung antara rahim dan vagina. Setelah berhubungan intim, untuk mencapai rahim, sperma harus melewati serviks. Jadi kalau ada masalah pada serviks atau leher rahim, maka proses pembuahan akan terhambat.

Kadar PH Tak Seimbang
Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, proses pembuahan telur memerlukan kondisi PH yang seimbang. Kalau PH di area Miss V tak seimbang, maka proses pembuahan pun bisa mengalami sedikit hambatan.

Penyebab susah hamil bisa karena sejumlah faktor./Copyright shutterstock.com

Masalah Medis
Masalah atau gangguan medis seperti fibroid rahim, jaringan parut, infeksi, gangguan fallopii, endometriosis, dan polip bisa jadi penyebab seorang wanita susah hamil. Gangguan medis seperti itu bisa menghambat pergerakan telur ke rahim dan menyebabkan masalah susah hamil.

Mengalami PCOS
Apa itu PCOS? Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan gangguan pada keseimbangan kadar hormonal. Pada sindrom ini, tubuh wanita memroduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan. Dan pastinya sangat berpengaruh pada proses ovulasi.

Faktor Usia
Usia juga bisa sangat mempengaruhi cepat tidaknya wanita hamil. Saat mencapai usia 35 tahun ke atas, seorang wanita akan lebih susah hamil. Hal ini bisa terjadi karena kualitas telur yang menurun dan berkurangnya kemampuan rahim melepas telur.

Pola Hidup Tak Sehat
Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa membuat seorang wanita susah hamil. Selain itu, obesitas, siklus haid yang tak teratur, dan kista juga bisa menyebabkan wanita susah hamil. Wanita dengan kadar lemak tubuh yang rendah juga bisa susah hamil.

Selain kondisi tubuh wanita itu sendiri, penyebabnya juga bisa dicari dari pihak pria. Seperti kualitas sperma dan masalah hormon.

Untuk mencari penyebab pastinya, perlu segera berkonsultasi langsung ke dokter. Semakin cepat diketahui penyebabnya, semakin mudah menentukan penanganan terbaiknya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading