Sukses

Beauty

Miris, Indonesia Jadi Negara Paling Malas Jalan Kaki Sedunia Lho!

Mungkin jalan kaki jadi aktivitas yang tampak sangat sepele, tapi jangan salah, jalan kaki saja sudah termasuk kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan siapa saja. Sayangnya, ternyata tidak banyak orang yang suka melakukannya, apalagi di negara Indonesia.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature, menemukan bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi warga yang paling malas jalan kaki, hanya berjalan dengan rata-rata 3.513 langkah setiap harinya dibanding negara lainnya.

Para peneliti dari Stanford University ini merekam kegiatan dengan cara mengumpulkan data dari smartphone orang-orang dari berbagai negara. Dengan sebuah aplikasi yang bisa mengetahui seberapa banyak orang itu berjalan kaki setiap hari.

Indonesia jadi negara paling tidak aktif jalan kaki/ copyright Shutterstock.com

Sebaliknya, negara Hongkong jadi negara paling aktif, dengan populasi warga berjalan kaki rata-rata 7.000 langkah atau sekitar 6 kilometer per harinya. Tidak heran jika kemudian kini semakin banyak saja warga Indonesia yang mengalami masalah kegemukan dan sering sakit-sakitan.

Gaya hidup banyak orang sudah jauh berubah, apalagi didukung dengan semakin mudahnya segala hal, seperti teknologi, transportasi dan lain sebagainya. Orang lebih suka mengambil jalan tercepat untuk sampai ke tempat tujuan. Orang lebih suka duduk menghabiskan watu bermain smartphone dibanding jalan kaki dan melakukan kegiatan fisik lainnya.

Para peneliti berharap, penemuan ini bisa membantu banyak orang sadar untuk meningkatkan aktivitas fisiknya agar semua orang tetap sehat, bahkan hanya untuk berjalan kaki saja.

Meski tampak sepele, jalan kaki punya banyak manfaat kesehatan, apalagi menjaga kesehatan jantung dan membuatmu panjang umur. Jadi, sudahkah kamu berjalan kaki hari ini? Yuk lebih sehat dari sekarang, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading