Sukses

Beauty

4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan di Usia 20an Agar Payudara Sehat

Bagi wanita, menjaga kesehatan payudara itu sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Risiko kanker payudara dan penyakit yang berkenaan dengan payudara memang kerap menghantui. Tapi kita bisa kok berusaha untuk mencegahnya.

Ada sejumlah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan payudara. Seperti empat cara berikut ini. Buat kamu yang berusia 20an, wajib banget nih untuk lebih rutin melakukan hal-hal berikut ini.

    Olahraga 45 Menit Setiap Hari

    Jangan takut berkeringat. Berkeringat bisa memberi efek positif bagi tubuh. Membakar kalori selama kurang lebih 45 menit setiap hari diyakini bisa membantu mencegah penyakit. Karena olahraga rutin ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus dan menurunkan hormon estrogen dan insulin, yang mana bisa jadi pemicu kanker payudara.

    Rutin Mengecek Berat Badan

    Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko serangan penyakit, tidak terkecuali kanker. Jadi rutinlah mengecek berat badanmu setiap saatnya. Jangan sampai kelebihan tapi juga jangan sampai berat badan di bawah rata-rata normal.

    Perbanyak Konsumsi Sayur Sehat

    Yuk, lebih rutin lagi konsumsi sayur sehat. Diet rendah lemak sangat bisa membantu menurunkan potensi serangan kanker payudara, apalagi jika diimbangi dengan asupan sayuran hijau yang bisa mencegah timbulnya sel abnormal dan berkembangnya sel-sel kanker.

    Jauhi Minuman Beralkohol

    Ada peneliti yang menyebutkan bahwa minum dua gelas minuman beralkohol alkohol bisa meningkatkan potensi kanker payudara sebanyak 21 persen. Daripada minum wine yang juga mengandung alkohol, ganti dengan buah anggur segar. Antioksidan pada kulit anggur mampu menurunkan estrogen yang mana bisa menurunkan serangan kanker payudara.

Penting juga untuk memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Lakukan pengecekan mamogram paling tidak tiga tahun sekali. Kalau di riwayat keluargamu ada yang pernah terkena kanker payudara, kamu harus lebih rutin lagi melakukan pengecekan kesehatan payudara ini. Bisa dengan melakukan MRI atau sonogram.

Itu tadi empat hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan payudara. Semoga infonya bermanfaat, ya Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading