Sukses

Beauty

Dari Sisi Kesehatan, Ini Manfaat Nonton Film Horor Bagi Wanita

Kamu penggemar film horor? Kegiatan menonton film memang memberikan keseruan dan keasyikan tersendiri. Bahkan bisa bikin ketagihan dan terus menantikan film-film horor terbaru berikutnya.

Dan ada kabar baik buat kamu yang suka film horor. Dari sisi kesehatan, menonton film horor bisa memberi banyak manfaat. Salah satunya bisa bantu membakar lebih banyak kalori tubuh. Selengkapnya, yuk ikuti info lengkapnya di sini.

Memberi Efek Rileks dan Menenangkan
Wah, yang benar saja masak bisa memberi efek rileks? Yap, menonton film horor juga bisa memberi efek menenangkan. Saat nonton film horor, kita akan larut dan fokus penuh pada jalan cerita film horor tersebut. Dan ketika sampai pada ending (khususnya yang happy ending) kita akan mendapat kelegaan tersendiri sehingga merasa lebih tenang.

Seperti yang dilansir oleh drhealthbenefits.com, saat stres tubuh perlu memompa lebih banyak adrenalin. Para pakar medis menyebutkan bahwa menonton film horor bisa memompa adrenalin ke seluruh tubuh. Emosi yang kita rasa akan mengaktifkan kelenjar adrenal untuk memompa adrenalin. Hasilnya, terciptalah energi dan memunculkan suasana hati yang bahagia (good mood).


Emosi yang naik turun saat menonton film horor bisa membuat tubuh menghasilkan zat-zat yang menghadirkan rasa bahagia, seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Zat-zat tersebut bisa membuat adrenalin berfungsi sebagai suntikan energi dalam tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang menonton film horor, otaknya akan mengeluarkan neurotransmiter dopamin, glutamat, dan serotonin yang dapat meningkatkan aktivitas otak dan kondisi waspada.

Membakar Lebih Banyak Kalori, Cocok Buat Kamu yang Lagi Berjuang Diet
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Westminster University, saat adrenalin dipompa ke seluruh tubuh selama 90 menit, itu setara dengan pembakaran 113 kalori. Film horor bisa membuat jantung berdetak lebih cepat dan darah yang mengalir bisa bantu membakar kalori dalam tubuh. Efeknya hampir sama dengan jalan kaki selama satu jam. Ya, asal selama nonton filmnya nggak sambil ngemil yang berat-berat, nonton film horor bisa jadi kegiatan yang menunjang perjuanganmu untuk berhasil diet.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Setelah menonton film horor selama 1,5 jam, sistem tubuh akan lebih tenang dan sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat nonton film horor otak kita akan memproduksi lebih banyak zat seperti dopamin, glutamat, dan serotonin yang baik untuk tubuh.

Mengusir Bad Mood dan Stres
Nonton film horor bisa mengusir bad mood dan, ehm, meningkatkan keintiman bersama pasangan. Saat nonton film horor, emosi bisa campur aduk. Ada rasa takut, ngeri, dan sebagainya. Stres yang kamu rasa bisa dilupakan untuk sejenak. Digantikan dengan sensasi baru dari film horor yang kamu tonton. Kalau menontonnya bersama pasangan, kita bisa berbagi emosi dengan pasangan. Mulai dari menjerit hingga berpelukan. Secara tidak langsung ini bisa meningkatkan kedekatan dan keintiman. Unch!

Nah, itu tadi sejumlah manfaat umum yang bisa kamu dapat dengan menonton film horor. Tapi kalau kamu tak suka dengan film horor, nggak usah dipaksakan menontonnya. Karena memang setiap orang punya selera sendiri soal genre film yang ditonton.

Jadi, film horor apa yang bakal kamu tonton malam ini?





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading